PBB Serukan Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh

NEW YORK,PenaMerdeka – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan untuk kumpulkan bantuan kemanusiaan sebesar US$ 920 juta (Rp 12,7 triliun) untuk pengungsi Rohingya yang kabur dari Rakhine, Myanmar.

Bantuan kemanusiaan sebesar tersebut ditujukan bagi sekitar 1 juta pengungsi Rohingya yang kini ditampung di kamp-kamp Bangladesh.

Sebanyak 740 ribu warga minoritas muslim Rohingya kabur ke Bangladesh untuk menyelamatkan diri dari operasi militer Myanmar yang sarat kekerasan pada Agustus 2017 lampau.

PBB juga mengecam operasi militer Myanmar itu sebagai praktik ‘pembersihan etnis’ terhadap Rohingya.

Warga Rohingya itu bergabung dengan 300 ribu pengungsi Rohingya lainnya, yang sudah terlebih dulu mengungsi demi menghindari tindak kekerasan di Rakhine beberapa tahun lalu.

Melansir dark AFP, Senin (18/2/2019), mereka semua menempati kamp-kamp pengungsian yang ada di Cox’s Bazar, Bangladesh yang penuh sesak.

Badan Pengungsi PBB atau UNHCR dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menegaskan mereka sedang berupaya menggalang dana hingga US$ 920 juta untuk para pengungsi Rohingya.

“Untuk memenuhi kebutuhan bagi lebih dari 900 ribu pengungsi dari Myanmar dan lebih dari 330 ribu warga Bangladesh yang rentan komunitas tuan rumah,” bunyi pernyataan gabungan UNHCR dan IOM.

“Bantuan dan layanan kritis contohnya seperti makanan, minuman, sanitasi dan tempat penampungan mencapai angka lebih dari separuh dana yang diperlukan pada tahun ini,” imbuh pernyataan gabungan yang bertujuan untuk bantuan kemanusiaan itu. (uki)

Disarankan
Click To Comments