Google Earth Temui 400 Gerbang Misterius di Arab Saudi

by 2017-10-21 0 comments

Arab Saudi

MADINAH,PenaMerdeka – Google Earth menemukan 400 batuan misterius yang sudah berusia ribuan tahun di daerah gurun terpencil Arab Saudi. Tidak hanya Google Eart, para Arkeologi pun mengaku juga bahwa mempelajari struktur batuan tersebut oleh Google Earth diberi nama ‘gerbang’, karena dari atas terlihat seperti gerbang.

Dikutip dari livescience, ada 400 bangunan batu tersebut pada bangunan di atas kubah lava kuno. Beberapa fitur aneh ini juga ukurannya lebih besar 4 kali lipat dari panjang lapangan sepak bola dan para ahli percaya bahwa bangunan tersebut sudah berusia 7.000 tahun.

Peneliti dari Universitas Western Australia, David Kennedy menuturkan, bahwa usia dari struktur batuan yang ditemukan di wilayah Harrat Khaybar ini belum jelas diketahui.

Menurutnya, pada daerah tepian gunung berapi sudah berusia ribuan tahun di daerah gurun terpencil di Arab Saudi, tepatnya di wilayah Harrat Khaybar, bahwa ditemukannya 400 bangunan batu misterius.

Baca juga:  Dianggap Tidak Islamis, Majlis Ulama Arab Saudi Kembali Hidupkan Fatwa Anti Pokemon

Struktur batu tersebut yang ditemukan menggunakan Google Earth itu dijuluki dengan panggilan ‘Gates’ kendati demikian karena terlihat seperti gerbang lapangan jika dilihat dari bagian atas.

David mengatakan bahwa tujuan dan usia struktur tersebut belum bisa diketahui lebih jelas. “Gates” ditemukan secara eksklusif pada ladang lava yang suram dan tidak ramah dengan sedikit air atau vegetasi.

“Di mana, itu merupakan tempat yang memang tampaknya paling tidak enak untuk spesies manusia tinggal dan juga memang sulit di jangkau,” tandas David pada sebuah makalah yang akan diterbitkan pada bulan November mendatangdi jurnal Arkeologi dan Epigrafi Arab.

Fakta lain dari “Gates” ini ialah bangunannya berbentuk kasar dan rendah. Sedikit informasi juga, sisa aliran di lava dapat dilihat di atas beberapa gerbang, itu menunjukkan bahwa bangunan tersebut lebih tua dari beberapa aliran lahar yang usianya juga pasti ribuan tahun.

Baca juga:  Dapat Investasi Kecil Ketimbang China, Ini Kekecewaan Jokowi ke Raja Salman

Gerbang tersebut pasti dibangun dari batuan dengan dinding dibuat kasar dan rendah. Gerbang terkecil mempunyai panjang 43 kaki (13 meter), sedangkan itu pada bangunan yang terpanjang mencapai 1.699 kaki (513 meter).

Hingga sampai saat ini belum kunjung ada peneliti yang memang langsung datang ke lapangan. Menurut Kennedy, penelitian lapangan tersebut harus perlu dilakukan karena untuk dapat bisa menentukan usia dan tujuannya gerbang misterius di Arab Saudi ini. (hisyam/dbs)

kompetisi potret Banten

Komentari Berita Ini

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.