HGN ads Bekasi

Kecaman Keras, Iran Panggil Diplomat Norwegia Soal Pembakaran Al-Qur’an

0 231

TEHERAN,PenaMerdeka – Kementerian Luar Negeri Iran memanggil diplomat Norwegia di Teheran menyampaikan kecaman keras dan keberatan atas pembakaran kitab suci Alquran oleh demonstran anti-Islam di negara Eropa itu.

Melansir dari Mehr News, Rabu (27/11/2019), langkah serupa yang dilakukan oleh Iran sebelumnya juga telah dilakukan Pakistan menyampaikan kecaman keras.

Diberitakan sebelumnya, demonstran yang membakar kitab suci umat Islam itu merupakan pemimpin organisasi SIAN (Stop Islamisation of Norway), Lars Thorsen.

Pembakaran yang menyulut kemarahan komunitas Muslim setempat dan dunia itu terjadi dalam demo di Kristiansand beberapa pekan lalu.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan pihaknya telah memanggil kuasa usaha Norwegia karena negara itu tidak memiliki duta besar di Teheran.

Kementerian itu memperingatkan bahwa tindakan Thorsen yang membakar Alquran memiliki konsekuensi berbahaya yang dapat mengarah pada perluasan ekstremisme dan kekerasan di negara Eropa.

Kantor Direktur Eropa Utara Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan kepada kuasa hukum Norwegia bahwa 1,5 miliar umat Muslim tidak bisa menerima tindakan itu dengan dalih “kebebasan berekspresi”.

Kantor itu mendesak pemerintah Norwegia untuk mencegah pengulangan dari tindakan penghasut tersebut dan menindak para pelaku di balik tindakan semacam itu.

Sementara itu, Kuasa Usaha Norwegia menekankan, dia akan menyampaikan protes Republik Islam Iran kepada pemerintah Norwegia.

“Pemerintah Norwegia benar-benar menolak tindakan ini dan kebijakan utama kami adalah untuk melindungi kebebasan berekspresi dan berkeyakinan dan untuk mencegah penyebaran ujaran kebencian,” ujar Diplomat.

Pemerintah Norwegia berkomitmen untuk melindungi keselamatan umat Islam yang tinggal di negara itu serta mencegah tindakan ekstremis dan memecah belah,” lanjutnya. (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE