Gara-gara Mabuk, Mantan Presiden Peru Diciduk Polisi California

0 176

SAN FRANCISCO,PenaMerdeka – Alejandro Toledo, Mantan presiden Peru, dilaporkan sempat ditahan kepolisian California gara-gara mabuk dan menghabiskan semalam dipenjara sebelum dibebaskan Senin (18/3/2019) kemarin.

Toledo, yang memimpin Peru pada 2001 hingga 2006 lampau, saat ini tengah dicari sehubungan dengan skandal korupsi terbesar di Amerikan Latin.

Dia dituduh menerima suap 20 juta dollar selama menjabat sebagai presiden. Toledo tinggal di Wilayah Teluk San Francisco, California, sementara otoritas Peru disebut ingin mengekstradisi dirinya sejak 2017.

Kendati demikian, penangkapan Toledo pada Minggu (17/3/2019) kemarin malam tidak membuat proses ekstradisi terjadi lebih cepat.

Pria yang berusia 72 tahun itu dilaporkan ditangkap di restoran di Menlo Park, selatan San Francisco. Pemilik restoran memanggil polisi usai Toledo yang mabuk menolak meninggalkan restoran.

“Tapi dia sudah kembali dibebaskan tanpa dakwaan. Hal itu rutin dilakukan untuk penangkapan orang yang sedang mabuk,” terang Rosemerry Blankswade, juru bicara kantor sherif San Mateo County, Rosemerry Blankswade.

Melansir dari FOX News, Kamis (21/3/2019), selama menjabat presiden, Toledo dikenal kerap berpesta dan minum alkohol. Bahkan sempat disebut menggelar pesta di pesawat kepresidenan, hal yang dibantah Toledo.

Setelah lengser, Presiden Peru Alan Garcia yang menggantikannya dan langsung menerbitkan laporan pembelian minuman keras Toledo selama menjabat yang mencapai 164.000 dollar. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...