HGN ads Bekasi

Puluhan Mumi Binatang dan Patung Kuno Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Giza Mesir

0 279

KAIRO,PenaMerdeka – Kementerian Purbakala Mesir menemukan puluhan mumi binatang dan patung-patung kuno yang berusia 2.700 tahun yang lalu. Patung dan mumi itu ditemukan dalam sebuah tempat tersembunyi di Saqqara necropolis, provinsi Giza dekat Ibu Kota Kairo.

“Benda-benda yang digali, termasuk mumi anak singa, kucing, buaya, dan musang, disembunyikan di 25 kotak kayu yang dihiasi dengan teks hieroglif di dalam tempat persembunyian kecil di pemakaman hewan di Saqqara,” terang Kepala Dewan Tertinggi Kementerian Barang Antik Mesir (SCA), Mostafa Waziri dalam konferensi pers luar ruang di Necropolis, Minggu (24/11/2019).

Mengutip dari Xinhua, diantara benda-benda yang ditemukan misi arkeologi SCA yang dipimpin oleh Waziri adalah koleksi 75 patung kucing yang mewakili dewi kucing Mesir kuno Bastet, patung kayu dewi kecil Neith, 57 patung perunggu dewa kuno Osiris dan patung elang seperti dewa Horus.

Ditemukan juga didalam tempat penyimpanan di pemakaman hewan Bubasteion di Saqqara, benda-benda itu diyakini milik Dinasti ke-26 yang memerintah Mesir kuno selama Periode Akhir.

“Scarab batu yang ditemukan di dalam kotak kayu ini adalah yang terbesar ditemukan di dunia,” ucap Waziri, sambil menunjuk ke patung scarab yang dipasang di dasar kayu di dalam sebuah etalase.

Sementara itu, Menteri Purbakala Mesir, Khaled al-Anany menuturkan, misi itu pun menemukan dua batu pasir dan scarab kayu berukuran kecil, tiga patung buaya dengan sisa-sisa mumi buaya di dalamnya.

Disamping delapan topeng tanah liat berwarna-warni untuk peti mati kayu, puluhan jimat faience dan pot dari berbagai bentuk dan warna.

“Ini bukan hanya penemuan tetapi lebih seperti sebuah museum itu sendiri,” ujar al-Anany kepada wartawan, merujuk pada ratusan benda yang ditemukan.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sangat optimis untuk menemukan lebih banyak penemuan di wilayah ini. Mencatat bahwa ia bakal mengumumkan penemuan lain di tempat yang berbeda sebelum akhir tahun.

“Ini adalah ketiga kalinya dalam 18 bulan mengumumkan penemuan arkeologis di tempat yang sama, setelah kami mengumumkan pada bulan April tahun lalu penemuan pemakaman hewan terdekat dan kemudian pada bulan Desember penemuan makam yang dipelihara dengan baik dari imam kerajaan Dinasti Kelima Wahtye,” imbuhnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE