Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pengangguran & Kondisi Ekonomi Jadi Isu Utama Jelang Pemilu India

0 158

NEW DELHI,PenaMerdeka – Pengangguran dan kondisi ekonomi menjadi isu utama yang muncul menjelang pemilu India yang digelar dalam tujuh tahap dari 11 April hingga 19 Mei mendatang.

Politisi, termasuk Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mulai berkampanye untuk pemilu itu. Sejumlah surat kabar India pun dipenuhi iklan yang menyebut berbagai prestasi para pemimpin politik.

Modi yang menang pemilu 2014 ingin terpilih lagi dan harus menghadapi oposisi yang masih terpecah. Kendati demikian, banyak pihak mempertanyakan berbagai prestasi pemerintahan Modi.

Walaupun India mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemuda yang masih terkuntang-kantung mencari kerja. Di desa-desa India pun banyak petani mengeluh.

Modi mendapat keuntungan dengan adanya sikap kerasnya pada Pakistan saat ketegangan Februari lalu di Kashmir. Selain itu, masalah ekonomi tetap menjadi diskusi utama.

Reformasi pada awal 1990-an lalu menjadikan ekonomi India lebih ramah pasar dan menciptakan pertumbuhan yang tinggi. Gelombang baru kesejahteraan pun tercipta.

Namun, selama beberapa tahun terakhir ini, negara tersebut kesulitan menciptakan lapangan kerja yang cukup untuk para pemuda yang jumlahnya banyak.

Data baru dari peneliti independen di Center for Monitoring Indian Economy (CMIE) menunjukkan penganggur meningkat. Masalah itu memburuk karena jumlah warga India yang aktif mencari kerja justru menurun.

Menurut CMIE, tingkat penganggur Februari tahun ini sebesar 7,2% yang naik daripada 5% pada Februari 2017. Adapun petani India juga menggelar unjuk rasa karena pendapatan mereka turun dan meningkatnya tekanan di sektor pertanian. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...