Ads Helmi Halim

Studi: Diet Mediterania Baik untuk Kesehatan Jantung

0 258

INGGRIS,PenaMerdeka – Mempertahankan gaya hidup dan pola makan yang sehat mempunyai beberapa manfaat. Salah satunya diet mediterania yang diklaim para peneliti baik untuk kesehatan.

Apabila seseorang mulai mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung sejak usia 20-an, hal tersebut dapat memberi manfaat bagi otak pada saat mereka berusia setengah baya.

Studi yang dipublikasikan dalam Neurology ini meneliti sebanyak 2.621 orang berdasarkan tiga jenis diet yang diyakini baik untuk jantung.

Melansir dari The New York Times, semua diet berfokus pada pentingnya memasukkan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian sekaligus mengurangi konsumsi lemak jenuh.

Diet yang tepat dengan itu ternyata diet mediterania, diet DASH yang menekankan makanan rendah sodium dan rencana diet berbasis penelitian yang memberikan peringkat kelompok makanan berdasarkan kesukaan mereka.

Para peneliti melakukan pemeriksaan diet yang dilakukan peserta saat mereka dengan usia yang berbeda, seperti 25, 32 dan 45 tahun, lalu kecerdasan mental mereka dinilai ketika berusia 50 tahun dan pada usia 55 tahun.

Hasilnya, mereka yang mengikuti diet diet mediterania menunjukkan tanda yang lebih baik dan melakukan lebih baik dalam kegiatan, seperti perencanaan dan pengorganisasian.

Usai memperhitungkan berbagai faktor kesehatan dan perilaku, mereka yang menganut diet satu ini menunjukkan risiko 46 hingga dengan 52 persen lebih rendah dari fungsi kognitif yang buruk. (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...