Pemkab Bekasi ads HPN 2020

Kementerian PUPR Imbau Apartemen dan Gedung di Jakarta Dilengkapi Helipad

0 286

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian PUPR atau Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  mengimbau setiap apartemen dan gedung tinggi di Jakarta dilengkapi helipad (landasan helikopter) untuk memudahkan evakuasi saat bencana.

Adanya helipad juga meminimalkan jumlah korban apabila terjadi bencana yang tidak bisa diduga sebelumnya. Misalnya, jika ada bencana alam gempa bumi atau musibah kebakaran.

“Apartemen di Jakarta sangat perlu dilengkapi helipad agar bisa dilakukan evakuasi cepat,” terang Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (28/4/2019).

Basuki menjelaskan, keberadaan helipad dinilai sangatlah penting mengingat, apabila ada musibah tangga pemadam kebakaran tidak sanggup menjangkau korban dalam kondisi bencana.

“Saya bakal dorong kesana. Karena tangga pemadam kebakaran kan tidak bisa menjangkau,” tegas Basuki.

Tidak hanya permasalahan helipad, pelatihan evakuasi juga perlu dilakukan oleh para pengelola bangunan gedung lainnya guna meningkatkan kesiapsiagaan apabila terjadi bencana.

Sebagai pembina jasa konstruksi, Kementerian PUPR pada 27 Februari 2019 mengeluarkan surat yang menugaskan Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) untuk pengecekan bangunan gedung bertingkat di Provinsi DKI Jakarta. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...