Ads Helmi Halim

Jelang Mudik Lebaran, Menteri ESDM Pastikan Pasokan BBM di Jalur Lintas Jawa Aman

0 156

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan memastikan pasokan BBM atau Bahan Bakar Minyak menjelang mudik lebaran Idul Fitri Tahun 2019 di jalur mudik lintas Pulau Jawa dalam kondisi aman.

Kendati demikian, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi roda 4, diminta untuk mengisi BBM terlebih dahulu sebelum memasuki jalur bebas hambatan.

“Ini dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi saat di jalan tol. Contohnya terjadi kemacetan hingga kehabisan bahan bakar di Jalan Tol,” tutur Jonan.

Jonan menyebutkan, berdasarkan hasil pemantauan, sejauh ini sudah maksimal. Kata dia, dari Surabaya sampai menuju ke Ngawi sekitar 160 kilo meter (km) Kurang lebih 100 km 1 SPBU itu cukup.

Secara keseluruhan, sepanjang jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah disiapkan 54 SPBU besar termasuk 10 SPBU baru dan 16 SPBU sementara. SPBU sementara ini beroperasi saat puncak mudik dan puncak arus balik, yaitu H-15 sampai H+15.

Fasilitas pendukung lainnya seperti 200 motorist (motor pengantar BBM), mobile storage atau kantong BBM, dan kiosK Pertamax pun telah dipersiapkan.

Untuk jalan tol yang berada di wilayah Jawa Tengah juga sudah disiapkan sebanyak6 SPBU, 15 Kiosk Pertamax, 6 Serambi Pertamax, 45 SPBU Kantong dan 60 motorist.

Sedangakan ruas tol Jawa Timur dibuka 5 SPBU besar dengan jumlah nozzle 27 hingga 37 buah. Disamping itu, bakal juga dioperasikan 7 SPBU sementara atau mobile dispenser yang dilengkapi nozzle. SPBU ini berkapasitas 24 ribu liter sampai 32 ribu liter.

2 minggu sebelum Lebaran Idul Fitri juga dipastikan, seluruh SPBU telah beroperasi penuh, dengan kapasitas rata-rata tanki sebanyak 60 kilo liter (kl). (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...