Siasat Gubernur Banten 3 Kali Kantongi Opini WTP, Ini Penjelasannya

0 215

BANTEN,PenaMerdeka – Keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tak lepas dari siasat Gubernur Banten Wahidin Halim.

Mantan Walikota Tangerang itu tahu benar soal resep untuk menjalankan pemerintahan daerah yang sedang dipimpinnya supaya akuntable.

Sehingga pada penilaian tahun anggaran 2018 ini tercatat untuk ke tiga kali menyabet opini WTP.

Meskipun disebut hasil kerjasama DPRD Banten, rupanya kenaikan tunjangan kinerja (tukin) menjadi modal motivasi aparatur di Pemprov Banten agar tidak melakukan tindakan-tindakan menyimpang.

Termasuk tidak bisa menyalahgunaan anggaran yang menyebabkan kerugian anggaran daerah. Hal ini menjadi alat ukur keberhasilan Pemprov Banten.

“Jadi kalau tukin naik berarti meningkat juga ketaatan kepada Allah SWT dan peraturannya, sehingga dapat opini WTP. Selanjutnya, WTP bukan berarti tuntas pekerjaan kita. Ada catatan yang harus ditindalanjuti,” kata pria lulusan Doktoral ilmu pemerintahan ini kepada wartawan usai Rapat Paripurna Penyerahan Opini WTP di gedung DPRD, KP3B Kota Serang, Rabu (22/5/2019)

Hnanya saja kata dia, dari sekarang setelah mendapat WTP semuanya harus menindklanjuti catatan yang diperoleh saat inj.

“Hari ini mulai kita tindaklanjuti dan selesaikan agar tahun depan tidak ada catatan-catatan lagi,” jelas WH.

Catatan-catatan yang diperoleh dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2018 ini lebih bersifat administratif yang secara teknis menjadi temuan BPK namun tidak ada kerugian negara.

Oleh karenanya, pengawasan akan lebih ditingkatkan, monitoring dan rekonsiliasi melalui rapat pimpinan setiap bulannya untuk dilakukan evaluasi terus dilakukan, menjadi cara Gubernur untuk menindaklanjuti temuan secara cepat sesuai rekomendasi BPK.

“Nanti dalam anggaran tahun berikutnya akan kita perbaiki, seperti tata kelola BOS dan lainnya,” tuturnya

WH juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Wagub, PJ Sekda, para Kepala OPD dan jajaran, dan seluruh pimpinan dan anggota DPRD Banten termasuk pemeriksa atas keberhasilan diraihnya WTP. Menurutnya, keberhasilan ini tidak hanya hasil kerja eksekutif, tapi juga peran DPRD dalam melakukan pengawasan dan bersinergi dengan baik.

“Ini (opini WTP, red) keberkahan di bulan suci Ramadhan berupa opini WTP. Kedepan mampu menghasilkan opini WTP tanpa adanya catatan,” ungkapnya. (ersya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...