KPU dan Bawaslu Usulkan Anggaran Pilkada Tangsel Rp72 Miliar

0 221

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengusulkan anggaran Pilkada Walikota dan Wakil Walikota pada 2020 mendatang sebesar Rp50-60 miliar.

Adapun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangsel mengajukan anggaran pada kisaran Rp12 miliar.

Bambang Dwitoro, Ketua KPU Kota Tangsel mengatakan, pihaknya telah merancang besaran biaya yang dibutuhkan untuk Pilkada Kota Tangsel 2020 mendatang.

“Kisarannya antara Rp50 miliar hingga Rp60 miliar. Kalau untuk detailnya belum, kan baru ancang-ancang kami saja,” ujar Bambang, Jum’at (14/6/2019).

Secara detail, anggaran tersebut dialokasikan untuk apa saja, namun saat ini masih belum bisa diketahui. Apalagi penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (PNPHD) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel belum keluar.

Bambang menambahkan, pihaknya juga masih menunggu turunan Peraturan KPU tentang pilkada. Sebab, seluruh kewenangan tersebut ada di tangan KPU pusat.

“Kita melihat prediksinya. Di Pilkada 2018 yang dilaksanakan di Kota dan Kabupaten Tangerang, itu ada tahapannya, dari pencoblosan hingga awal perencanaan sembilan bulan,” imbuhnya.

Sementara, Bawaslu Tangsel telah mengusulkan anggaran pengawasan Pilkada Kota Tangsel 2020 mendatang sebesar Rp12 miliar.

Muhamad Acep, Ketua Bawaslu Kota Tangsel menambahkan, anggaran itu naik cukup signifikan dari pilkada sebelumnya. Sebab, kenaikan anggaran telah sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Acep juga berharap, usulan anggaran untuk Pilkada Kota Tangerang Selatan pada 2020 mendatang tersebut dapat diterima Pemkot Tangsel.

“Bawaslu Tangsel sudah mengajukan dana Rp12 miliar. Anggarannya naik dari pilkada periode sebelumnya hanya Rp9 miliar, naik Rp3 miliar. Sudah kita usulkan ke Pemerintah Kota Tangsel,” tandas Acep. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE