Gila! Oknum PPDB 2019 SMA/SMK Negeri Tangsel Patok Harga 1 Kursi Rp30 juta

0 1.083

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 SMA/SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan sistem zonasi disebut membuat celah oknum guru serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten ‘bermain’ meloloskan siswa.

Menurut pengakuan orang tua murid, di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Kota Tangsel, salah seorang oknum guru menawarkan kemudahan saat mendaftar.

Bahkan hingga dipastikan seorang siswa tahun ajaran baru kali ini bisa masuk dengan embel-embek harus memberikan ‘uang pelicin’.

Sang oknum dikabarkan bekerja sama lewat oknum guru lainnya dari salah satu sekolah swasta yang juga berada di bilangan Tangsel.

“Pas mau daftar, oknum Guru berinisial Y menawarkan ke saya, buat pendaftaran Rp100 ribu. Nah, setelah didaftarkan, Y minta lagi Rp 5 juta biar gampang masuknya,” kata salah seorang wali murid, yang tak mau disebut namanya di SMKN 6, Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel, Selasa (18/6/2019).

Sejumlah siswa yang sempat ditemui juga mengaku jika melalui jalur oknum Y, para murid mengarahkan bertemu dengan oknum guru berinisial I.

“Ow, kalau lewat Y mending bapak ketemu sama I aja pak. Soalnya tadi juga ada yang begitu,” ujar salah seorang siswa yang enggan disebut namanya.

Ketika ditelusuri, persoalan sama juga bukan terjadi di tingkat SMK Negeri saja, untuk SMA di sejumlah wilayah Tangsel dari pengakuan warga ada oknum yang ikut bermain dalam proses PPDB 2019 kali ini.

Salah seorang oknum panitia PPDB menawarkan angka Rp 20 juta, untuk melancarkan pendaftaran dan masuk ke SMA yang dikenal unggulan.

“Kalau di SMA 2 malah bisa menembus angka Rp 30-40 juta,” kata oknum panitia. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...