Mengintip Resep Uli Gupak, Makanan Khas Betawi yang Enak Disantap Pagi

0 259

JAKARTA,PenaMerdeka – Makanan dari turun temurun ini mempunyai ciri dan terlihat sederhana meskipun daei segi rasa sangat enak. Yaa..buat sebagian orang bayak yang belum mengetahui Uli Gupak.

Nah, makanan yang biasa disebut Uli Singkong Lembut ini merupakan makanan ciri khas asal adat Betawi.

Olahan yang satu ini pun sangat lezat disantap dengan cara makannya dicocol ke kuah yang dibuat dari gula merah bercampur dengan kelapa yang sudah diparut.

Anda juga bisa memanfaatkan hidangan tradisional ini sebagai menu santap pagi. Cara membuatnya pun mudah. Berikut bahan dan cara pembuatannya seperti dikutip dari Cookpad.com;

Bahan-bahan:
1 kg singkong
Gula merah
Kelapa parut

Proses pembuatan:

Pertama-tama, Anda kukus singkong hingga terlihat empuk. Jika sudah matang angkat lalu tumbuk sampai menjadi lembut.

Kedua, apabila sudah lembut, taruh di nampan. Ratakan kemudian potong menjadi bentuk persegi atau potong kecil-kecil. Setelah itu, Anda cairkan gula merah, parut kelapa dan kelapanya bisa di kukus juga.

Proses yang terakhir, jika sudah Anda taruh potongan singkong yang telah ditumbuk tadi. Siram dengan cairan gula dan taburkan kelapa parut. Uli Gupak siap dihidangkan untuk menu sarapan pagi.

Anda juga bisa memisah dengan cairan gula yang telah dicampur kelapa parut. Lalu Anda menyantapnya dengan cara dicocol ke dalam cairan itu. Selamat mencoba! (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...