Berlatar Pemilu dan Ramadhan, Ini Kreatifitas Seni Foto Mahasiswa Unis Tangerang

0 208

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Momen penyelenggaraan Pemilu 2019 dan Ramadhan 1440 hijriah dituangkan dalam kreatifitas seni foto mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang.

Mereka menggelar pameran foto di 3 titik lokasi di Kota Tangerang yang dimulai pukul 06.00 sampai 11.00 WIB di Jalan M Yamin berbarengan dengan kegiatan rutin car free day.

Sementara pada hari yang sama dari sore hingga malam, pameran foto digelar di Taman Gajah dan Taman Potret. Dalam kesempatan itu kegiatan dimeriahkan penampilan stand up comedy dan hiburan musik akustik.

Sebelumnya, pada Jumat 28 Juni 2019, pameran serupa juga digelar di kampus Unis Tangerang.

Pameran bertajuk Demokrasi dan Bulan Suci ini menampilkan lebih dari 100 karya foto tentang Pemilu dan Ramadan 2019.

Sesuai temanya, foto yang ditampilkan saat masa kampanye, distribusi logistik Pemilu, suasana pencoblosan di TPS, hingga rekapitulasi perolehan suara.

Sementara foto Ramadan menceritakan suasana bulan suci di Kota Tangerang seperti kegiatan ngabuburit dan ibadah masyarakat.

Foto yang dipamerkan merupakan hasil dari proses seleksi dari sekitar 500 gambar yang dikumpulkan.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi Fisip Unis Tangerang Linawati mengungkapkan, pameran foto semacam ini rutin digelar 2 kali dalam satu semester selama 7 tahun terakhir. Pameran foto diwajibkan bagi mahasiswa yang mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

“Mahasiswa juga diwajibkan mengunggah karya foto ke media sosial. Kami berharap mereka memiliki rasa bangga terhadap karya yang dibuat,” kata Lina.

Dijelaskan Lina, semua mahasiswa Ilmu Komunikasi diajak untuk terbiasa dengan media komunikasi terutama aplikasi di bidang media massa. Karena itu, selain laobratorium fotografi, pihaknya juga nenyiapkan laboratorium radio dan televisi.

“Selain mempelajari teori komunikasi terutama bidang humas dan jurnalistik, mahasiswa juga diajak mempraktekkan apa yang dipelajari di kelas,” ujar Lina.

Pengunjung car free day, Vani, warga Tanah Tinggi mengatakan, sangat kaget melihat pameran foto. Ia tak menyangka kalau foto yang dipamerkan hasil karya mahasiswa.

“Aku pikir karya dari para fotografer. Soalnya keren-keren sih,” ujarnya saat ditemui.

Senada dengan Vani, Wahyudi warga Cipondoh juga mengaku terhibur dengan pameran foto saat acara car free day.

“Bagus kok, malah menambah wawasan. Kita bukan hanya sekedar olahraga, tapi ada banyak hiburan disini,” katanya.

Diketahui, saat ini Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unis Tangerang terakreditasi B dengan jumlah mahasiswa lebih dari 500 orang. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...