Gerindra Ads

Ternyata! Facebook Mampu Prediksi Kondisi Mental dan Fisik

0 152

JAKARTA,PenaMerdeka – Sebuah studi mengungkapkan, situs jejaring sosial Facebook mampu memprediksi kondisi mental dan fisik seperti diabetes, kecemasan, depresi dan psikosis pada pasien/pengguna.

Menurut ScienceDaily, sebuah penelitian Penn Medicine dan peneliti Stony Brook University sudah menemukan bahasa yang digunakan dalam posting Facebook mengidentifikasi penyakit ini pada seseorang.

Mengutip dari Times Now News, peneliti menemukan kata-kata tertentu dan jenis bahasa yang digunakan dapat menjadi indikator penyakit dan dengan persetujuan pasien, itu juga dapat dipantau seperti gejala fisik serta biasa lainnya.

Studi ini dipublikasikan di Plos One.Riwayat postingan Facebook sekitar seribu pasien setuju untuk menghubungkan catatan medis mereka dengan profil mereka dianalisis, dengan bantuan teknik pengumpulan data otomatis.

Kemudian, tiga model diciptakan menganalisis bahasa post Facebook, demografi, dan yang ketiga yang menggabungkan dua set data.

Studi ini melihat ke-21 kondisi kesehatan yang berbeda dan menemukan 21 kondisi itu dapat diprediksi dari Facebook saja, dan 10 dari mereka diprediksi lebih baik melalui penggunaan data Facebook daripada informasi demografis.

Penggunaan kata-kata yang berbeda secara intuitif dikaitkan dengan beberapa masalah dan gangguan kesehatan.

Penggunaan kata botol dan minuman dikaitkan penyalahgunaan alkohol, dan orang yang menyebut bahasa agama seperti Tuhan dan berdoa 15 kali lebih mungkin menderita diabetes daripada yang menggunakan istilah-istilah ini.

Penggunaan kata-kata lain seperti bodoh dan kata kasar lainnya dicatat sebagai indikator penyalahgunaan narkoba dan psikosis.

Tahun lalu, dasar penelitian ini menunjukkan analisis data Facebook bisa memprediksi depresi tiga bulan lebih awal daripada diagnosis di klinik.

Studi ini dibangun berdasarkan temuan sama untuk mengetahui apakah menganalisis data bisa membantu dalam mendeteksi masalah dan gangguan kesehatan lainnya. (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...