Pintu Air Playangan Ciledug Kota Tangerang Rusak, Warga Mengeluh Diserang Nyamuk

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Warga Paninggilan dan Sudimara, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang serta sejumlah pemukiman yang dilintasi Kali Ledug geram lantaran kini kerap diserang nyamuk dan bau tak sedap.

Informasi yang berhasil dihimpun, debit air di kali tersebut menyusut lantaran Pintu Air Playangan, Kelurahan Paninggilan, Ciledug, Kota Tangerang tidak berfungsi.

Akhirnya, air hanya mengalir ke kali yang melintasi daerah Kampung Parung Serab dan pemukiman komplek Puri Kartika saja.

Pintu Air Playangan
Akibat pintu air yang tidak berfungsi sungai yang melintasi sejumlah pemukiman mengering.

“Kami warga yang gak kebagian aliran dari Bendungan Playangan terpaksa harus menelan pil pahit setiap hari. Pasalnya, debit air di kali yang melintas di pemukiman yang kami tinggali menimbulkan bau tak sedap,” kata Rumsiah warga setempat kepada penamerdeka, Jumat (2/7/2019).

Menurutnya, karena air di kali menyusut bukan hanya menimbulkan bau tak sedap saja, tetapi serangga nyamuk sudah mulai menyerang warga sejak kali sudah mengering.

“Nyamuknya minta ampun mas, setiap hari. Apalagi kalau malam banyak aekali nyamuk. Tiap malam tidak nyaman, susah tidur. Kami ingin pemerintah sigap supaya cepet selesai masalah ini,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi, Pintu Air Playangan memang tidak berfungsi. Tidak bisa membuka dan menutup untuk mengatur debit air. Bahkan sudah ada upaya warga untuk memperbaiki dan menahan air di bendungan.

“Sudah ada warga yang swadaya membendung di pintu air. Tapi balok-balok yang disusun warga buat menjaga air tidak kuat menahan deras air,” kata Samsuri (34) warga Paninggilan di lokasi bendungan. (rd/mam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...