Soal Kali Paninggilan yang Berbusa, DLH Kota Tangerang Pastikan Sementara Aman

0 190

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Soal air Kali Paninggilan yang berbusa di Ciledug, Kota Tangerang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang memastikan untuk sementara waktu masih aman untuk lingkungan sekitar.

“Dari hasil lab, kadar asam di angka 7pH. Saya pastikan kondisi ini aman untuk lingkungan sekitar,” terang Dedi Suhada, Kepala DLH Kota Tangerang saat ditemui penamerdeka.com di kantornya, Kamis (22/8/2019).

Dedi menduga, munculnya busa seperti salju di Kali Paninggilan ini lantaran dipicu dari hasil limbah domestik atau limbah dari rumah tangga. Contohnya, seperti pengunaan deterjen yang lalu bekasnya dibuang ke kali.

“Dalam hal ini kita sudah bekerja sama Laboratorium Daerah (Labkesda) Kota Tangerang untuk meneliti lebih lanjut lagi selama 14 hari kedepan,” jelasnya.

Untuk menyiasati, pihaknya bakal menggunakan Anti Foam untuk untuk menghilangkan busa dari air Kali Paninggilan itu.

Tak hanya itu, Dedi bakal berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) untuk membuat Instalasi Pengelolaan Air Limbah (Ipal) disemua kali yang ada di Kota Tangerang. 

Pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang ini juga menghimbau agar masyarakat sekitar Kali Paninggilan tidak membuang sampah sembarangan lagi.

“Kami saat ini sedang memeriksa diwilayah sekitar, apakah ada usaha steam motor atau lainnya. Kami mengiimbau, agar warga tidak membuang sampah ke kali lagi. Karena itu sumber kehidupan,” imbuh Dedi. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE