Antisipasi Peredaran Obat Kadaluwarsa, Dinkes Kota Tangerang Cek Puskesmas

0 183

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Terkait peredaran obat kadaluwarsa disalah satu Puskesmas wilayah Jakarta, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang berupaya menekan hal itu agar tidak terjadi di Kota Tangerang.

Seperti diketahui, insiden peredaran obat kadaluwarsa ini terjadi di Puskesmas wilayah Jakarta. Dalam peristiwa itu, seorang wanita hamil itu hingga mengalami trauma.

Atas kejadian itu, Dinkes Kota Tangerang tengah berupaya dengan melakukan pengecekan ke seluruh Puskesmas yang ada di Kota Tangerang. Salah satunya, Puskesmas Sukasari.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Sudarto mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan konsumsi obat yang aman dan nyaman, tak kedaluwarsa.

Sudarto menuturkan, Tim Kefarmasian Perbekalan Kesehatan (KPK) Dinas Kesehatan Kota Tangerang gencar melakukan pembinaan dan pengawasan demi memastikan sarana pelayanan kefarmasian sesuai regulasi.

“Kami bersama berproses untuk memastikan bahwa obat yang diminum masyarakat harus layak dan aman demi pelayanan kesehatan secara paripurna,” terang Darto kepada wartawan usai melakukan pengecekan.

Sementara itu, Efi Handayani, Kepala UPT Puskesmas Sukasari menjelaskan, pihaknya sangat teliti dalam memberikan obat-obatan kepada masyarakat yang berobat.

Menurut Efi juga menambahkan, obat-obatan yang datang ke Puskesmas Sukasari ini dari Dinas Kesehatan selalu dicek dengan teliti. Kemudian disimpan dalam gudang yang aman.

“Dari awal obat-obatan datang itu, kami langsung mengeceknya. Apabila sudah pasti tanggalnya, kita langsung simpan di gudang,” tambah Efi. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE