PMI Kota Tangerang Bentuk Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – PMI Kota Tangerang membentuk dan terus melatih kader atau relawan siaga bencana baik dari perangkat kelurahan, masyarakat maupun pemuda peduli bencana.

Kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat (SIBAT) dan akan di lanjutkan dengan praktek penanganan bencana pada keesokan harinya.

Dalam kontek sesiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam, pihaknya terus berupa dengan memberikan pemahaman, pelatihan, sosialisasi serta simulasi. Hal itu agar masyarakat tahu, paham dan mengerti akan bencana dan bagaimana cara menaganinya.

Menurut Hasbullah, selaku ketua panitia mengatakan, bahwa tujuan Sibat ini adalah membentuk tim kesiapsiagaan bencana di Kota Tangerang.

“Optimalisasi pemuda dan relawan harus dilakukan, salah satunya lewat kegiatan ini, harapannya, peserta pelatihan menjadi pioner dan garda depan dalam upaya mitigasi bencana di wilayah kecamatan,” jelas Hasbullah, Sabtu (31/8/2019).

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arie R Wismansyah mengatakan, dalam rangka meningkatkan peranserta masyarakat bukan hanya menjadi obyek atau penonton tapi di Kota Tangerang menjadi subjek untuk kemajuan pembangunan.

“Saya mengucapkan apresiasi terhadap PMI Kota Tangerang yang mau mengajak masyarakat ikut berlatih dalam kesiapsiagaan kebencanaan,” terang Arief.

Arief menambahkan, pelatiahan ini sangat penting bagi masyarakat. Karena, supaya disaat terjadi bencana maupu penanganan pertolongan pertama bisa langsung di atasi.

“Semoga dengan pelatihan ini, saya berhap kita tetap menjaga kekeluargaan, kebersamaan, kesatuan dan persatuan untuk Kota Tangerang,” imbuhnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments