HUT RI 76

PWI Gelar KLW-UKW Target Pewarta Banten Profesional

BANTEN,PenaMerdeka – Membidik pewarta Banten Profesional, selama dua hari, terhitung dari tanggal 6-7 September 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten menggelar Kompetensi Latih Wartawan (KLW) dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Muda di Jounalist Boarding School, Kota Cilegon, Provinsi Banten, Jumat (6/9/2019).

Menurut Rian Novandra Ketua PWI Banten, pihaknya merasa perlu meningkatkan profesional kalangan wartawan di Banten.

Maka itu kata Rian, PWI Banten melaksanakan gelaran KLW dan UKW ke 15 bagi para wartawan yang tersebar di 8 Kota dan Kabupaten di Banten.

“Ada sekitar 60 wartawan yang ikut kegiatan KLW dan UKW. Semuanya para jurnalis,” pungkasnya, Jumat (6/9/2019).

Sementara itu H. Komari Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten mengapresiasi acara yang digelar oleh PWI Banten.

Dia menerangkan, sebab dalam perjalanan waktu media butuh sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Maka KLW dan UKW penting dilaksanakan. Seiring dengan peningkatan SDM, harus dijalankan profesionalitas media itu sendiri.

“Seiring ada perkembangan perubahan mainstream sekarang banyak medsos dalam era digitalisasi. Ini ada perubahan fundamental. Kita (media, red) harus pinter-pinter bersaing (secara sehat,red),” ucap Komari perwakilan Pemprov Banten.

H Komari, Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten.

 

Agar bertahan, ke depan media juga harus melakukan terobosan. Mempunyai media yang profesional dan mengantongi SDM kompeten sehingga tahan banting serta handal di era digitalisasi.

“Selain itu semuanya harus (mengendepankan,red) kesejahteraan,” tukas Komari.

Media mainstream atau online kalau bisa bertahan berjalan profesional, memiliki industri pers, maka nantinya kesejahteraan datang sendirinya.

Komari menambahkan, kalau sudah memilih profesi di jurnalistik dipertahankan. Jadi jangan takut untuk menghadapi perkembangan global.

“Kalau orangnya mampu bertahan terseleksi dengan baik, maka akan bertahan. Contohnya seperti pak Agus Sanjaya (tokoh pers Banten, red), karena dari dulu beliau tekun sebagai insan pers atau insan media,” pungkasnya.

Dalam kesempatan acara selain perwakilan dari Pemrov Banten hadir jajaran pengurus PWI dan SMSI Banten, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi serta Ibrahim Iswadi anggota DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024. (rd)

Disarankan
Click To Comments