HGN ads Bekasi

Inovasi Terbaru, Kelurahan Kasunyatan Serang Gagas Program SIAP

0 213

SERANG,PenaMerdeka – Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang menggagas program inovasi terbaru yang diberi nama SIAP (Sistem Informasi Administrasi Pelayanan).

Program ini di buat, dikarenakan dalam rangka upaya menertibkan administrasi data kependudukan by name by addres di daerah Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen.

Program SIAP ini , digagas pada Bulan November 2019 lalu, berawal dari salah seorang pegawai Kelurahan Kasunyatan yang mengikuti Diklat Pim, bernama Tuti Sumiyati.

Tuti bercerita, pada waktu itu dirinya selesai Diklat Pim pada bulan September 2019, dengan mendapatkan ilmu bermanfaat.

Tuti yang kini menjabat sebagai Kasi Pemerintah, Kelurahan Kasunyatan, langsung menerapkan program SIAP tersebut pada bulan Oktober 2019. Dengan terealisasi di bulan November 2019.

“Ilmu ini saya dapatkan pada waktu Diklat Kepemimpinan. Dalam menertibkan registrasi maupun administrasi,” kata Tuti saat di temui, di kantor Kelurahan Kasunyatan, Rabu(4/12/2019).

Tuti juga tidak memungkiri. Ia mengakui, dalam menerapkan program SIAP, di bantu oleh 6 pegawai lainnya. Yakni, Wahar sebagai IT, Rosidi menjadi Kreator, Rosidi, Ika, Yayah, Yayat, dan Gina sebagai administrasi.

“Ini kita kerjakan program SIAP secara kerja TIM, dan inipun bukanlah program online. Tetapi, berbasis offline,” terangnya.

Lebih lanjut Tuti juga menjelaskan, bahwasanya program SIAP ini, dilakukan jemput bola. Dengan mengumpulkan RT RW yang berada di Kelurahan Kasunyatan.

“Jadi kita kumpulkan para RT RW untuk ikutserta dalam mengumpulkan data Kartu Keluarga (KK).  Lalu, membantu sosialisasi kepada masyarakat di Kasunyatan, dalam hal pendataan,” terangnya.

Di tempat sama, Lurah Kasunyatan, Hayumi menambahkan, program layanan SIAP ini adalah terobosan terbaru yang dilakukan oleh para pegawainya. Penemuan program itupun, kata dia, baru dilakukan di Kelurahan Kasunyatan.

“Ini penemuan terbaru dari program Kelurahan. Yang menggagas program itu adalah Bu Tuti, Kasi Pemerintah disini (Kelurahan Kasunyatan, Red). Inipun bertujuan untuk mempermudah administrasi, yang akan membuat SKU, SKTM dan SKCK,” jelasnya.

Dengan adanya Program SIAP, dirinya berharap setiap kelurahan yang lain khususnya di kota Serang untuk membuat program SIAP.

“Saya harap kelurahan yang lain juga mengikuti apa yang sudah kita gagas yaitu program SIAP. agar setiap kelurahan mempermudah administrasi,” harapnya.(Aden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE