Pemkab Bekasi ads HPN 2020

Pemkot Tangerang Ngaku Tak Masalah Soal Penghapusan Tenaga Kerja Honorer

0 152

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengaku tidak mempermasalahkan penghapusan tenaga kerja honorer.

“Kan ini baru, kita harus denger jumplak juknisnya seperti, apa terus honorernya seperti apa. Kita ingin lihat,” terang Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah di Puspemkot Tangerang, Kamis (23/1/2020).

Menurut orang nomor satu di Kota Tangerang ini, hal tersebut adalah keputusan pemerintah. Sebab katanya, pemerintah itu tidak ada pusat dan daerah. Oleh karena itu pasti ada tataran yang bisa dilaksanakan.

“Ya akan kita lihat terlebih dahulu. Kalau honorer di Kota Tangerang itu lebih dari ratusan. Maka itu dilihat dulu kalau akan jadi pengurangan seperti apa. Konsep matengnya kan belum. Sosialisasinya gimana,” tukas Arief.

Senada dengan Arief, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang Akhmad Lutfi, mengatakan, di lingkungan Pemkot Tangerang tidak memiliki tenaga honorer.

“Tidak masalah dihapus. Karena di sini (Pemkot Tangerang) tidak ada pegawai honorer,” kata Akhmad saat dikonfirmasi secara terpisah.

Akhmad menuturkan, Pemkot Tangerang selama 10 tahun tak pernah memperkerjakan pegawai honorer. Melainkan merekrut tenaga kerja harian lepas (THL). Status kerja pegawai honorer dengan THL berbeda.

“Seperti honorer guru dibayar dengan Dana BOS yang berasal dari pusat. Sedangkan THL, dibayar per kegiatan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD),” jelas Akhmad.

Akhmad menambahkan, dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, tidak ada istilah tenaga honorer, apalagi THL di lingkungan pemerintahan.

“Hanya ada pegawai negeri sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” ungkap Akhmad.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui penghapusan tenaga kerja honorer. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...