HUT RI 76

Berkonsep ‘Zero Sampah’, Pasar Induk Modern Berkarya Bakal Dibangun di Karawang

PT Mandalapratama Permai Bakal Bangun Pasar Induk Modern Zero Sampah

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – PT Mandalapratama Permai bakal membangun Pasar Induk Modern Berkarya di kawasan Karawang, Jawa Barat. Rencananya, groundbreaking bakal dilakukan pada Maret 2020 mendatang.

Direktur Umum PT Mandalapratama Permai, Roestanto Wahidi mengatakan, pasar induk yang bakal dibangun dengan luas lahan 12 hektar tersebut mengusung konsep ‘Zero Sampah’.

“Jadi contohnya, kita kumpulkan sampah organik, nanti diangkut ke tempat pengelolaan sampah yang kita bikin. Sampah itu kita jadikan biogas untuk sumber listrik dan begitu juga sampah lainnya yang akan diolah,” terang Roestanto saat pembagian brosur kepada Paguyuban Pedagang Pasar Tanah Tinggi di Kota Tangerang, Selasa (4/2/2020).

Roestanto menjelaskan, dengan adanya konsep ‘Zero Sampah’ tersebut, tidak ada lagi yang namanya pasar bau. Sebab katanya, kebanyakan dari pasar di Indonesia bau dan sampahnya tak terurus serta belum ada yang memakai konsep seperti itu.

“Tidak hanya itu, kami nanti membuat mess untuk pekerja berkapasitas 2000 orang dari pembeli itu agar tak bolak balik kerumah. Kami juga nanti membuat rusunawa berkapasitas 10.000 KK, apabila pembeli ingin tinggal didekat pasar ini. Jadi tak perlu repot,” ucapnya.

Ia menuturkan, pasar ini juga langsung dapat diakses dari Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek. Serta dilengkapi dengan fasilitas terminal tipe B seluas 3 hektar di depan Pasar Induk Modern Berkarya.

“Kami didukung oleh 35 pasar eceran di Bekasi, Karawang, Purwakarta, Jakarta dan Tangerang. Jalan antar blok pasar ini lebar, fasilitas bongkar muat memadai, MCK yang bersih dan nyaman,” katanya.

Roestanto menambahkan, harga lapak dan kios pun terjangkau mulai dari harga Rp170 jutaan untuk pengusaha UKM dengan masa sewa 20 tahun. Serta, para pengusaha atau pembeli dapat memperpanjang kembali.

“Pasar ini dikelola oleh menejemen profesional dengan SDM yang memadai. Serta pula kami sudah lebih dari 20 tahun mengelola pasar induk dan grosir. Nanti, serah terima akan dilakukan bulan November 2020 mendatang,” imbuhnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments