Pemkab Bekasi ads HPN 2020

Festival Ondel-Ondel Jilid 3 Bakal Digelar Agustus Mendatang

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Festival Ondel-Ondel Jilid 3 akan kembali digelar. Rencananya, festival tersebut akan bertempat di Jalan Bintaro Taman Barat, Bintaro Sektor 1, Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan, pada 29-30 Agustus 2020 mendatang.

Panitia Festival Ondel-ondel, Gia Prasetya mengatakan gelaran tersebut guna melestarikan kebudayaan Betawi. Menurutnya, Festival tersebut mengusung tema “Pagelaran Budaya Untuk Membawa Ondel Ondel Mendunia”.

Gia menjelaskan, beragam acara akan meramaikan kegiatan ini. Antara lain Lomba Festival Ondel Ondel, palang pintu, bazar UMKM, gambang kromong, dan lain sebagainya.

“Nanti bertemakan milenial. Karena tujuannya adalah untuk mengundang anak anak milenial, anak anak remaja, agar mereka tau budaya Betawi Jakarta. Lalu kami juga siapkan berbagai macam doorprize untuk meramaikan acara kepada masyarakat yang tujuannya tidak lebih untuk memperkenalkan budaya Betawi,” katanya di Jakarta, Kamis (6/2).

Untuk Lomba Festival Ondel Ondel, lanjut Gia, akan memperebutkan Piala Tahunan Festival Ondel Ondel. Para peserta juga tidak dipungut biaya.

“Bahkan kami beri uang pembinaan, uang transportasi juga. Ada ratusan peserta yang ingin mengikuti ini, namun karena terbatas, maka peserta hanya ada sekitar 20 saja,” ungkapnya.

Melalui acara ini juga, Gia berharap akan ada pengembangan budaya ondel ondel sehingga tercipta pariwisata Ondel Ondel.

“Dengan adanya pariwisata Ondel Ondel membuat Ondel Ondel dikenal dunia, yang berdampak meningkatkan income pelaku seni dan budaya, sehingga menumbuhkan semangat untuk melestarikan Budaya,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin mengatakan, pihaknya meminta kepada panitia untuk mengurus segala hal yang dibutuhkan. Termasuk sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

“Waktu masih panjang jadi masih banyak waktu untuk sosialisasi masyarakat. Karena memakai badan jalan harus disosialisasikan kepada masyarakat, kepada RT RW, kepada Polres. jadi sosialisasikan mengenai kegiatan ini agar tidak mengganggu lingkungan sekitar ataupun bentrok dengan acara yang ada di masyarakat,” paparnya. (jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...