Pemkab Bekasi ads HPN 2020

Dua Warga Batan Indah Terkontaminasi Radiasi Cesium

HASIL WBC BAPETEN

0

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten Hendriyanto Hadi Tjahjanto menyatakan dua dari sembilan warga Perumahan Batan Indah, Setu, Kota Tangsel terkontaminasi radiasi cesium.

Hal tersebut diketahui setelah pemeriksaan Whole Body Counting (WBC) terhadap sembilan warga.

“Hasilnya sangat melegakan, dari 9 orang tersebut ada 2 orang yang terindikasi atau yang terukur terkontaminasi Cesium tapi tingkat kontaminasinya sangat rendah,” ungkapnya di Halaman Balai Kota Tangsel, Jumat (21/2/2020).

“Sebagai contoh aja dalam tubuh itu ada dua radioradioaktif di dalam tubuhnya, satu radioaktif cesium 137 yang kita curigai, dan 1 lagi K-40 atau Kalium atau potasium 40, jadi dalam tubuhnya itu ada 2 radioaktif itu,” ujarnya.

Menurutnya, dalam tubuh manusia mengandung radioaktif K-40.

“Artinya ya memang kecil sekali, tidak ada dampak radiologi, tidak ada dampak kesehatan, karena kalau kita hitung dari nilai kontaminasi dari cesium,” ucapnya.

“Tapi itu kalau kita hitung dosis yang diserap oleh tubuh itu, paling tinggi 0,12 milisievert.

Sementara, kata dia, Nilai Batas Dosis (NBD) yang diizinkan, itu 1 milisievert, itu 1 per 10 nya jadi kecil dari NBD. Jika dibawah dosis itu tidak ada dampak biologi dan tidak ada dampak kesehatan.

“Artinya kontaminasi Cesium dari tubuh dua orang itu tidak ada dampak radiologi ke tubuh,” tandasnya. (SUGENG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...