Ramadhan Kab Bekasi

Dampak Corona Soal Pilkada Belum Ada Edaran dari KPU-RI, Ini Penjelasan KPU Banten

0

BANTEN,PenaMerdeka – KPU Banten menghimbau KPU tingkat kota dan kabupaten yang menggelar Pilkada serentak agar menyiapkan alat pendeteksi dini perihal persiapan tahapan.

“Kita (KPU Banten,red) mengimbau agar kawan-kawan di KPU kota dan kabupaten menggunakan standar pemerintah pusat serta daerah (penanggulangan virus corona, red). Sebab ada sejumlah daerah yang sudah menjalankan tahapan pilkada,” ucap Eka Setialaksmana Komisioner KPU Provinsi Banten dihubungi via telepon, Senin (16/3/2020).

Saat ini kata Eka, ada empat penyelenggaraan Pilkada di Banten. Dan sejumlah daerah sedang melaksanakan sejumlah tahapan diantaranya verifikasi bakal calon independen dan pelantikan penyelenggara.

“Pelantikan PPS dan verifikasi bakal calon tetap berjalan. Tetapi yang melibatkan banyak orang harus diminimalisir. Dan harus menggunakan pendeteksi dini,” tukas Eka.

Diakuinya, pelaksanaan tahapan Pilkada serenrak memang kerap melibatkan banyak orang. Termasuk nantinya kampanye para bakal calon.

“Ada yang memang terdekat sudah dilaksanakan. Tapi yang tidak bisa dibatalkan harus dilaksanakan. Harus menggunakan standar kesehatan pemerintah,” kata Eka.

Adanya wabah virus corona kita atau penyelenggara Pilkada memang harus waspada. Jadi KPU Banten sudah melaksanakan koordinasi dengan kawan-kawan di daerah dan menunggu surat edaran resmi KPU pusat.

“Surat resmi perihal pelaksanaan tahapan pilkada dengan adanya virus corona memang belum mendapat edaran resmi dari KPU-RI. Kita masih menunggu tetapi tahapan yang sedang berjalan jangan sampai terganggu,” pungkas Eka. (yd/red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...