Ramadhan Kab Bekasi

Deretan Public Figure Dunia, Pesohor Teknologi, Hingga Megabintang Sepak Bola Pendonatur Covid-19

SUMBANGKAN HARTANYA UNTUK PENANGANAN CORONA

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Wabah Virus Corona (Covid-19) yang kini mendunia, banyak membuat sejumlah public figure dunia atau dalam negeri berbondong-bondong menggalang dana untuk membeli alat medis maupun menyumbangkan uangnya demi menyembuhkan kasus ini.

Tim penamerdeka.com merangkum sejumlah public figure mulai dari Indonesia, pesohor dunia teknologi dunia hingga megabintang sepak bola yang menyumbangkan donasi untuk meringankan kasus Covid-19 ini dengan berbagai cara.

Kasus Virus Corona sampai dengan hari ini Rabu (25/3/2020) di Indonesia terus bertambah. Dari data yang didapat ada 686 Kasus di 24 Provinsi.

Meski virus terus menggerogoti, sejumlah artis pun merasakan hal yang sama. Salah satu artis Indonesia yang merasakan dampak Corona, Nikita Mirzani, melakukan aksi yang bikin salut.

Nikita Mirzani diketahui telah berdonasi untuk penanganan virus corona. Dikutip dari akun Instagram pribadinya, Nikita Mirzani mengaku pada Selasa (17/3/2020) tepat di hari ulang tahunnya, ia menyumbangkan dana sebesar Rp100 juta.

Artis Indonesia, Nitikita Mirzani. Foto (fimela.com)

 

Nikita Mirzani merasa bersyukur karena bisa merayakan hari ulang tahun bersama sahabat serta teman-temannya.

Di samping itu, Nikita juga merasa sedih lantaran penyebaran virus corona atau Covid-19 kini semakin menyebar luas di sejumlah daerah di Indonesia.

“Tapi Niki sedih karena virus corona sudah menyebar luas sampai ke Indonesia. Niki ada sedikit rezeki. Niki akan menyumbangkan Rp 100 juta uang Niki pribadi untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona yang ada di Indonesia,” imbuh Nikita Mirzani.

Bukan tanpa alasan, Nikita Mirzani mengaku ikut terkena dampak dari wabah virus corona di Indonesia.

Selanjutnya Melanie Subono, melalui akun instagram miliknya, @melaniesubono, ia mengajak masyarakat untuk membagi-bagikan masker secara gratis bagi mereka yang kurang mampu.

“MARI BERGERAK LAGI !!!! CARANYA ? banyak orang enggak punya “RUMAH” buat pulang isolasi atau enggak punya Kemampuan beli masker walaupun Rp 5.000 perak pun,” kata Melanie, dikutip dari akun Instagramnya, Rabu (18/3/2020) kemarin.

Artis Indonesia, Melanie Subono. Foto (kumparan)

 

Melanie Subono mengaku bersedia menampung masker atau dana yang nantinya akan dialokasikan untuk membeli masker gratis.

“Maka lagi-lagi kita gemas dan ini yang akan dilakukan: Loe boleh kirim masker ke gue dan gue distribusikan (yes ini lebih enak pertanggung jawabannya) hubungi nomor di profil gue yang 0817,” ucap Melanie.

“Boleh bantu dana (yes terpaksa gue beli kan masker-masker mahal itu, gue yakin kita bisa) hubungi nomor di profil gue yang 0817,” tulis Melanie melanjutkan.

Tak ingin berdonasi melalui dirinya, Melanie Subono juga mengimbau masyarakat untuk memberikan masker langsung kepada mereka yang kurang mampu.

Eskalasi mewabahnya Virus Corona semakin meningkat telah menggerakkan hati dua miliuner kondang, Jack Ma dan Bill Gates untuk mengucurkan limpahan bantuan finansial.

Pendiri Microsoft, Bill Gates. Foto (techno okezone)

 

Bill Gates, pendiri Microsoft ini, melalui yayasan amal Bill and Melinda Gates Foundation baru saja mengumumkan komitmen mereka untuk ikut meringankan para korban terdampak di wilayah China dan Afrika dengan menyerahkan dana sebesar USD 10 juta (sekitar Rp 136 miliar rupiah). USD 5 juta di antaranya dialokasikan sebagai sumbangan internasional, pengobatan, hingga pengembangan vaksin.

Sementara itu, Jack Ma, perintis Alibaba, melalui yayasan Jack Ma Foundation, telah mengucurkan biaya sebesar CNY 100 juta (sekitar Rp 200 miliar) untuk serta mempercepat proses pengembangan vaksin.

Perintis Alibaba, Jack Ma. Foto (celebritieshype.com)

 

Ia juga berencanga untuk menggalang dana hingga 1 miliar yuan atau sekitar 2 triliun rupiah yang nantinya akan diserahkan kepada berbagai rumah sakit untuk dibelikan kebutuhan dan peralatan medis di China, kota yang diduga jadi pangkal kemunculan virus ini.

Sejumlah perusahaan teknologi di China pun turut hadir untuk mengulurkan tangan. Tencent Holdings Ltd., menurut laporan yang dilansir dari Bloomberg, telah menyerahkan bantuan sebesar 300 juta yuan (sekitar Rp 584 miliar) dalam bentuk barang dan peralatan medis serta siap menyajikan layanan pemetaan dan data secara cuma-cuma. Perusahaan pendiri TikTok.

ByteDance, ikut mengucurkan bantuan dana yang sayangnya belum diketahui jumlahnya. Namun, jika digabungkan dengan bantuan dari Tencent, dan Baidu, ketiga perusahaan ini secara kolektif sudah memberi bantuan 800 miliar yuan atau sekitar Rp 1,5 triliun.

HUAWEI, sebagai perusahaan smartphone nomor satu di China, memberi kontribusinya dengan cara membantu pembangunan Rumah Sakit Huoshenshan, fasilitas darurat yang saat ini tengah dibangun di Wuhan.

Dalam kasus yang bisa disebut terparah di dunia ini juga tak mnyuruti kebaikan hati dari megabintang sepak bola. Salah satunya Cristiano Ronaldo pemain Juventus, Lionel Messi striker Barcelona dan pelatihnya Pep Guardiola.

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo dikabarkan turun tangan membantu mengatasi wabah virus corona di Portugal dengan memasok alat-alat medis ke Rumah Sakit Sao Joao di Porto.

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Foto (sportkeeda.com)

 

Langkah tersebut diambil Ronaldo mengikuti jejak agennya, Jorge Mendes, yang lebih dahulu membelikan perlengkapan kesehatan berupa 200 ribu baju dan tiga ventilator.

Selain baju dan ventilator, Mendes juga akan membeli 50 ribu masker pelindung dan menyumbangkan sejumlah uang ke sejumlah rumah sakit di Portugal.

Ronaldo merupakan salah satu klien Mendes yang terlibat dalam aktivitas sosial ini. Bersama Juventus pemain berjuluk CR7 itu memiliki penghasilan 28 juta poundsterling per tahun.

Portugal sendiri salah satu negara yang belum parah dalam kasus wabah corona. Akan tetapi, lonjakan kasus diprediksi terjadi dalam beberapa pekan ke depan. Status darurat corona ditetapkan di Portugal pada Rabu (18/3) pekan lalu.

Dikutip dari Daily Mail, sampai dengan saat ini tercatat 1.280 kasus virus corona dengan 12 orang meninggal dan 26 di antaranya dirawat di rumah sakit.

Striker Barcelona, Lionel Messi, dan pelatih Barcelona, Pep Guardiola, mengumpulkan dana masing-masing 1 juta euro untuk membantu tenaga medis dalam penanganan pandemi virus corona. Donasi dari Messi akan dibagi menjadi dua, yakni untuk rumah sakit di Barcelona dan Rosario, Argentina.

Negara tempat tinggal keduanya di Spanyol, saat ini merupakan yang kedua terparah di Eropa terdampak covid-19. Kementerian Kesehatan Spanyol mencatat hampir 40 ribu kasus corona dengan angka kematian mendekati 3.000 jiwa di sana.

“Terima kasih Leo untuk komitmen dan dukungannya,” tulis perwakilan rumah sakit lewat Twitter seperti dilansir dari ESPN, Rabu (25/3).

Striker Barcelona, Lionel Messi. Foto (detiksport)

 

Messi merupakan donatur tetap rumah sakit di Barcelona. Tahun lalu lewat yayasan miliknya, ia mendonasikan dana untuk perawatan kanker di rumah sakit anak Joan de Deu, Barcelona.

Selain Messi, Guardiola juga turut membantu penanganan virus corona. Wilayah domisilinya di utara Spanyol memiliki 8.000 kasus sejauh ini, 200 di antaranya meninggal dunia.

Dana 1 juta euro yang disumbangkan Guardiola akan mengalir ke Departemen Kesehatan Barcelona dan Yayasan Angel Soler Daniel. Messi dan Guardiola menjadi contoh tokoh sepak bola yang ikut bahu-membahu melawan covid-19.

Ronaldo, Mendes, Messi dan Pep merupakan sejumlah orang-orang di dunia sepak bola yang terlibat dalam penanganan virus corona. Pada awal pekan lalu juga pemilik Chelsea, Roman Abramovic, dan mantan kapten Manchester United Gary Neville membuka hotel miliknya untuk digunakan staf medis NHS yang menangani virus corona di Inggris.

Mungkin masih perlu waktu hingga para pakar menemukan vaksin penyembuhnya dan berhasil menuntaskan virus ini sampai ke akarnya. Dan bantuan yang diserahkan para pesohor dunia itu ini sedikit banyak bisa membantu proses tersebut. (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...