HUT RI 76

Marak Modus Penipuan Berkedok Donasi, BNPB Imbau Masyarakat Hati-Hati

JAKARTA,PenaMerdeka – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam berdonasi terkait Covid-19 melalui media sosial. Pasalnya, saat ini marak penipuan modus penggalangan donasi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan, ada akun di media sosial yang mencatut nama BNPB untuk mengumpulkan sumbangan.

“BNPB mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial, yang digunakan untuk menggalang donasi,” kata Agus melalui keterangannya, Minggu (12/4).

Menurutnya, oknum tersebut menggunakan akun Instagram yang diberi nama bnpb.go.idd. Nomor rekening di Bank BNI tercantum pada akun tersebut untuk menerima dana.

Oleh karena itu, BNPB meminta pemblokiran kepada pihak bank dan media sosial. Sebab menurutnya bisa merugikan masyarakat.

“Menindaklanjuti akun tersebut, BNPB telah menghubungi pihak BNI dan Facebook untuk pemblokiran,” tuturnya.

Dia menambahkan, BNPB melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah memiliki rekening tersendiri untuk menerima donasi.

“Terkait dengan penerimaan donasi Gugus Tugas telah memiliki rekening yang secara resmi digunakan untuk membantu penanganan Coronavirus disease 2019 atau Covid-19,” sambung dia. (rur)

Disarankan
Click To Comments