HUT RI 76

Pakar BNPB: Penggunaan Masker Kain Maksimal 4 Jam

JAKARTA,PenaMerdeka – Pakar dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid)-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pengunaan masker kain maksimal 4 jam. Setelah itu, masker perlu diganti dengan yang baru.

“Masker kain bagi orang yang sehat maksimal dipakai 3 sampai 4 jam, setelah itu harus diganti,” kata Wiku dalam telekonferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (15/4).

Wiku juga mengingatkan pentingnya menggunakan masker selama di luar rumah. Hal ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 antar orang.

“Kita memakai masker untuk melindungi orang lain. Siapa tahu kita terinfeksi Covid-19 tapi tidak memiliki gejala. Jadi pakai masker supaya orang lain tidak tertular,” jelasnya.

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat agar mengajak orang yang belum memakai masker untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah. Jika memungkinkan, bisa memberikan masker bersih atau yang belum dipakai kepada yang belum menggunakan masker.

Masker sempat menjadi barang langka di pasaran setelah pemerintah mengumumkan kasus positif Covid-19 pertama. Meski saat ini masker telah dapat kembali diperoleh dengan mudah, Wiku mengatakan, benda itu dapat dibuat sendiri di rumah masing-masing.

Syarat minimal masker kain yang direkomendasikan Wiku adalah berbahan katun, menggunakan tiga lapis kain, kemudian disesuaikan dengan bentuk wajah. (rur)

Disarankan
Click To Comments