Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Sekelumit Kisah Saling Maaf, Mike Tyson dan Holyfield Pernah Lakukan Ini

NEVADA,PenaMerdeka – Momen ‘kembali ke fitri’ usai menjalani puasa di bulan Ramadan adalah saling bermaafan sesama umat muslim. Mike Tyson sang petinju legendaris setelah masuk muslim pernah melakukannya.

Dia merasa berdosa lantaran menggigit telinga Evander Holyfield dalam sebuah pertandingan tinju besar.

Contoh nuansa maaf saat momen Idul Fitri pada satu syawal 1441 Hijriah yang jatuh di Minggu (24/5/2020), juga terjadi bagi umat muslim dunia meski du bawah ancaman Corona.

Momen mengharukan bermafan terjadi ketika dua legenda tinju yang saling bermusuhan, Mike Tyson dan Evander Holyfield, mereka memang akhirnya berjabat tangan untuk berdamai.

Sekelumit contoh ini memang sejatinya bisa dilakukan semua manusia apalagi saat Idul Fitri.

Contoh kasus yakni Mike Tyson dan Holyfield, keduanya merupakan legendaris petinju profesional. Mereka sempat bersitegang ketika saling berhadapan dalam pertandingan di MGM Grand Garden Arena pada 28 Juni 1997 silam.

Di pertandingan kelas berat si leher beton Mike Tyson kesal. Dia kehilangan kendali hingga menggigit kedua telinga Holyfield.

Tak ayal karena frustasi tidak bisa menjatuhkan Holyfield dia dinyatakan kalah terdiskualifikasi.

Akhirnya Tyson membuat pengakuan kepada presenter ternama, Oprah Winfrey, bahwa dirinya ingin meminta maaf kepada Holyfield.

Kejadian setelah 12 tahun itu Tyson menuturkan bahwa ketika dia meminta maaf kepada Holyfield di hadapan publik selepas insiden tersebut, dia tidak melakukannya dengan tulus.

“Permintaan maaf itu tidak tulus,” kata Mike Tyson dalam wawancara yang pertama kali disiarkan di layar kaca pada Oktober 2009 itu.

Tyson bahkan menyebut bahwa dirinya justru merasa kesal karena dipaksa oleh manajemennya untuk meminta maaf kepada Holyfield.

Setelah menyadari bahwa tindakannya salah, Tyson berniat ingin meminta maaf secara langsung kepada Holyfield meski keinginannya itu belum terwujud.

Winfrey mempertemukan Tyson dengan Holyfield sepekan berselang. Kali ini, Tyson dan Holyfield mendapat kesempatan untuk duduk bersebelahan.

“Dia orang yang menakjubkan,” kata Tyson sembari sesekali melirik ke arah Holyfield.

“Saya hanya ingin Anda tahu bahwa menyenangkan bisa menjalani hidup dan mengenal Anda,” sambung Tyson sambil mengajak Holyfield berjabat tangan.

Holyfield pun menyambut sodoran tangan Tyson. Tyson lantas memegang tangan Holyfield untuk kedua kalinya diiringi tepuk tangan dari penonton yang hadir.

“Hal terpenting adalah mengampuni, dan saya mengampuni dia,” kata Holyfield.

Dilansir The Daily Telegraph, pertemuan itu rupanya merupakan inisiatif dari Holyfield sendiri.

Selepas menonton wawancara Tyson sebelumnya, Holyfield langsung meminta Oprah Winfrey untuk mempertemukannya dengan sang rival.

Holyfield ingin memberi contoh kepada anak-anak muda yang terlibat dalam kasus kekerasan bahwa rekonsiliasi bisa dilakukan. (red/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...