HUT RI 76

Petugas Keamanan Bandara Soetta Dibekali Smart Helmet

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Petugas keamanan Bandara Soetta atau aviation security (avsec) dibekali dengan smart helmet. Hal tersebut untuk menyambut kenormalan baru (new normal) berjalan lancar di bandara yang terletak di Kota Tangerang, Banten.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, fasilitas smart helmet tersebut diberikan untuk meminimalisir kontak fisik antara petugas dan pengunjung bandara.

“Saat ini satu fasilitas touchless terkait dengan aspek keamanan yang tengah diuji coba adalah penggunaan smart helmet oleh personal avsec di terimanl penumpang,” ujar dia dalam keterangan tertulis diterima.

Awaluddin menjelaskan, Smart Helmet sendiri digunakan untuk melakukan pengawasan dengan fungsi mendeteksi suhu tubuh orang dan memiliki fitur mode pengenal wajah.

Tidak hanya itu, helm pintar itu bisa mengenal plat kendaraan, dan mengidentifikasi titik panas sehingga kapabilitas personel avsec diharapkan meningkat dan bisa menjaga jalannya beragam protokol kesehatan.

“Smart helmet ini sangat mendukung tugas avsec, terlebih di era new normal,” kata Awaluddin.

Seperti diketahui persyaratan perjalanan orang dalam negeri saat ini sudah dilonggarkan seperti tertuang dalam Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Surat yang menggantikan Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2020 tersebut hanya menyebut syarat orang yang bepergian dengan transportasi umum hanya butuh dua dokumen yakni KTP dan hasil tes PCR dengan hasil negatif atau rapid test hasil nonreaktif.

Atau bisa menggunakan surat keterangan sehat bebas gejala influenza apabila di daerahnya tidak memiliki fasilitas tes PCR atau rapid test. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments