Curiga Kerap Bawa Koper! Polisi Ciduk Pelaku Upal Dolar AS di Tangerang

UPAL DOLAR DIKONVERSI SENILAI RP9,8 M

0

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Polres Metro Tangerang Kota berhasil meringkus pelaku pembuat mata uang palsu (Upal) dolar Amerika Serikat (AS).

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Sugeng Hariyanto mengatakan, kasus itu bermula lantaran pihaknya mencurigai aktivitas pelaku berinisial KR.

Pelaku kata Kapolres kerap mengangkut dan menurunkan koper yang diduga berisi Upal asal negeri paman Sam itu di rumah kontrakannya di Jalan Raya Salembaran, Desa Salembaran Jati, Kosambi, Kabupaten Tangerang.

“Dari pengungkapan kasus ini kami sita barang bukti uang dolar kertas pecahan 100 dolar AS sebanyak 6.800 lembar.  Jika dikonversi sebesar Rp9,8 miliar,” terang Sugeng di Mapolsek Teluk Naga, Rabu (22/7/2020).

Sugeng menjelaskan, pelaku bekerjasama dengan PR yang kini masih dalam daftar pencarian orang (DPO). KR dan PR diketahui sudah kenal sejak lama dan baru berkomunikasi pada 2020 ini lagi.

“Ditahun 2020 ini PR kembali menghubungi KR dan akhirnya mereka mencoba membuat uang palsu di rumah kontrakan KR,” tutur Sugeng.

Saat ini pelaku KR sudah diamankan di Mapolsek Teluknaga, sedangkan pelaku PR masih dalam pengejaran pihak kepolisian. Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 244 KUHP Subsider pasal 245 KUHP, dengan ancaman pidana 15 tahun penjara. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...