Bersih-bersih Penyehatan! Komisaris dan Direksi Bank Banten Dirombak Lagi

PEMINDAHAN KAS TUNGGU PROSES RAMPUNG

0

BANTEN,PenaMerdeka – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menganggap kondisi sehatnya Bank Banten tergantung pengelolaan internal. Dan itu ada di jajaran komisaris dan direksi Bank Banten.

Jika nantinya pengelolaan bank daerah itu perlu perbaikan, maka tidak menutup kemungkinan akan ada perombakan direksi dan komisaris.

Tetapi kata mantan walikota Tangerang ini, bukan dirinya yang bisa memutuskan adanya perombakan manajemen atau direksi dan Komisaris di Bank Banten. Sebab, dirinya hanya tercatat sebagai salah satu pemegang saham.

“Bukan gubernur yang menyehatkan, ini badan sendiri, Perbankan punya entitas sendiri. Gubernur urusin pemerintah dan hanya pemegang saham. Tapi kan urusan majunya yakni diserahkan ke komisaris dan direksi Bank Banten,” kata WH kepada wartawan usai rapat paripurna dengan DPRD Banten, Selasa (21/7/2020).

Ia menambahkan, manajemen pengelolaan perseroannya ada di jajaran Komisaris dan Direksi Bank Banten. Nanti, kata dia, ada restrukturisasi di internal Bank Banten. Namun masih menunggu rekomendasi dari OJK.

“Ketika ada proses penyehatan, maka pasti ada restrukturisasi atau perombakan manajemen di internal Bank Banten. Itu menjadi penting. Ada empat hal yang menjadi fokus kami setelah bank ini dinyatakan sehat. Bisa saja ada penambahan beberapa atau beberapa yang diganti. Itu konsepnya ada di OJK,” katanya.

Terkait dengan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), meski Perda Provinsi Banten nomor 5 tahun 2013 tentang penambahan penyertaan modal daerah ke Bank Banten sudah disahkan, WH mengaku masih menunggu waktu yang tepat untuk proaes pemindahan.

“Pemindahan RKUD dari BJB ke Bank Banten akan dilakukan kalau bank ini sudah benar-benar dinyatakan sehat, tidak sekarang-sekarang karena semuanya masih berproses,” ucapnya. (dra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...