Indonesia Berhasil Tingkatkan Komoditas Ekspor Ditengah Pandemi

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyebutkan, bahwa Indonesia berhasil meningkatkan komoditas ekspor di masa pandemi virus corona atau Covid-19. Hal itu ia katakan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Mei hingga Juni 2020.

“Di tengah pademi ini, kalau kita melihat data BPS bulan Mei dan Juni ini Alhamdulillah Indonesia justru berhasil meningkatkan kinerja ekspor. Tidak saja ke RRT (Republik Rakyat Tiongkok) tetapi juga ke Amerika Serikat, India, Jepang dan Singapura,” kata Retno melalui telekonferensi.

Terkait ekpor Indonesia dalam konteks percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, Retno di pertemuan virtual dengan Menlu China, Wang Yi hari ini, Retno meminta akses ekspor Indonesia untuk China diperluas.

Terutama terkait ekspor minyak kelapa sawit, sarang burung walet, buah tropis dan produk laut.

Masih dalam hal pemulihan ekonomi Retno juga ingin menjaga investasi yang berkualitas dan saling menguntungkan dengan China. Mengingat, lanjut dia, China merupakan investor terbesar kedua untuk Indonesia setelah Singapura.

“Kemudian hal lain yang kita bahas adalah rencana pembentukan travel corridor bagi business essential yaitu bussiness essential travel corridor arrangement yang diharapkan dapat kita selesaikan dalam waktu dekat dengan RRT,” ungkap dia.

Retno menambahkan, sedangkan terkait kerja sama penanganan Covid-19, China dan Indonesia sepakat untuk meningkatkan kolaborasi internasional.

“Kami sepakat untuk meningkatkan kolaborasi internasional guna penanganan Covid-19 terutama dalam menjamin rantai pasokan bahan baku bagi produksi obat dan pengembangan vaksin,” ucap dia. (Jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...