Ombudsman Bakal Panggil Kementerian BUMN

TERKAIT RANGKAP JABATAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Ombudsman RI bakal mengatur waktu memanggil Kementerian BUMN. Pemanggilan tersebut guna membahas rangkap jabatan pejabat negara di jajaran komisaris perusahaan pelat merah.

Anggota Ombudsman, Alamsyah Saragih mengatakan, pihaknya bakal memanggil dan melihat satu per-satu untuk memperbaiki sistem.

“Tunggu waktunya nanti kami akan memanggil Kementerian BUMN melihat satu per satu dan kita perbaiki sama-sama. Semata-mata untuk perbaikan sistem,” ujar Alamsyah Saragih, dalam agenda ‘Ngopi Bareng Ombudsman RI’, Rabu (5/8/2020) kemarin.

Alamsyah mengatakan, pihaknya menemukan satu peraturan pemerintah yang dengan jelas melarang satu posisi jabatan untuk menduduki sebagai pejabat di BUMN, BUMD dan perusahaan.

Namun, ia tidak merinci aturan yang dimaksud. “Kami menemukan itu diangkat di era pak Erick Thohir,” katanya.

Alamsyah menegaskan, rangkap jabatan tersebut bertentangan dengan hukum. Ia menyatakan tidak ingin mempersoalkan siapa orang yang merangkap jabatan tersebut.

“Karena memang Ombudsman bukan untuk penegakkan hukum yang menindak orang per orang. Bagi kami adalah bagaimana kami memperbaiki sistem ini dan dari sekian banyak, saya yakin ada saja yang keliru. Nanti kita coba perbaiki sama-sama,” tuturnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments