HUT RI 76

Kominfo Rilis 54 Temuan Hoaks Seputar Virus Corona

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementarian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merilis sejumlah temuan informasi palsu atau hoaks seputar Virus Corona. Hoaks tersebut menyebar cukup cepat sehingga meresahkan masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menjelaskan, hingga 3 Januari 2020 ada 54 hoaks yang berkaitan dengan Virus Corona. Menurutnya, hoaks tersebut beredar melalui aplikasi pesan Whatsapp.

“Penyebaran paling besar itu kan melalui Whatsapp. Diteruskan, diteruskan dan itu bisa seperti deret ukur. Dan bisa menjangkau banyak sekali masyarakat,” kata Johnny dalam konferensi pers yang diadakan di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Hoaks tersebut dinilai berdampak buruk terhadap masyarakat. Menurut Johnny, hoaks tersebut memicu kepanikan masyarakat.

“Dampaknya dari 54 ini bisa jutaan orang yg mengikuti dan terpengaruh atau mendapat informasi yg salah atau bahkan hoaksnya, informasi yang bohong. Ini jangan sampai lah. Merugikan kita, nggak bagus tuh,” ungkapnya.

Kominfo mengimbau masyarakat untuk memilih dan memilah informasi seputar Virus Corona. Selain itu, masyarakat juga harus memverifikasi kebenaran informasi yang beredar.

“Jadi, kami akan mengkategorikan (informasi) yang mana hoaks dan informasi. Kami juga tidak segan untuk melakukan pemblokiran terhadap konten hoaks atau disinformasi ini,” jelasnya. (jo)

Disarankan
Click To Comments