Program Kemen PUPR Cocok, Lurah : Cari Solusi Soal Penolakan TPST

Maulana Damanik Lurah Gebang Raya, Kecamatan Periuk Kota Tangerang terkait penawaran proyek program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) yang ditolak sebagian warga menyebut sangat cocok untuk penanganan sampah di wilayahnya.

Sebelumnya, dari beberapa titik yang di usulkan kata Maulana Damanik, lokasi yang cocok hanya di Rt 03/Rw 07, pasalnya karena di lokasi itu sudah ada kegiatan yang berbasis lingkungan yaitu program Bank Sampah dari Pemkot Tangerang, apalagi disana sudah memiliki peralataan kebersihan.

“Kalau di masyarakat ada perbedaan pendapat, lumrah saja tapi seharusnya kita harus biasakan supaya menghargai suara terbanyak. Sebelumnya juga kami sudah melakukan pendekatan dan sosialisasi ke masyarakat terkait rencana TPST itu,” kata Damanik.

Ia mengaku bahwa saat mengundang Kementrian PUPR dan juga pengelola TPST dari Perumahan Benua indah, Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Karawaci semula juga mendapat penolakan dari warga sekitar.

”Karena lokasinya juga berdekatan dengan rumah warga. Sekarang disana kondisinya berbeda, warga menyetujui adanya TPST tersebut. lantaran manfaatnya mulai dirasakan oleh warga sekitar. Yaa salahsatunya soal dapat memperkerjakan masyarakat sekitar apalagi tidak menimbulkan bau,” ucapnya menegaskan.

Soal lokasi lahan, merupakan lahan pinjaman dari pengembang kendati konsekwensinya kata Damanik, sewaktu- waktu pihak propertynya ketika akan menggunakan lahan tersebut harus kita kembalikan.

“Nantinya kita harus kembali mencari lokasi baru kalau lahan itu akan dipakai pengembang. Kepada pengembang sebenarnya kami sudah meminta lokasi tersebut untuk TPST. Namun terbentur persoalan siteplane yang sudah jadi,” kata Damanik ketika ditanya soal lahan peruntukan TPST.

Namun demikian Damanik menambahkan tetap akan mencari solusi terbaik. Pasalnya untuk kondusifitas maka pihaknya berencana akan mencari lokasi baru untuk menghindari gesekan antar warga. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah