Apakah Cegukan Mengganggu Kita? Pelajari Tekhnik Penanganannya

Cegukan adalah hal yang seringkali dirasakan manusia dan jika dibiarkan mengganggu kegiatan kita. Seringkali terjadi ketika kita sedang makan dengan terlalu cepat. Namun tak semua cegukan diawali oleh menyumbatnya saluran pernapasan oleh makanan.

Cegukan sendiri merupakan sebuah kontraksi tiba-tiba pada diafragma, di mana ruang antar pita suara menutup sehingga menyebabkan suara ‘hik’ yang terjadi berulang-ulang. Terkadang cegukan ini muncul secara tiba-tiba dan tak bisa berhenti. Bahkan cegukan bisa jadi salah satu pertanda masalah kesehatan yang serius.

Selain makan dengan banyak dan tergesa-gesa, sekedar pasokan oksigen berlebih pada tubuh saja bisa membuat Anda cegukan lho. Selain itu makanan cabai dan bumbu tertentu dipercaya sebagai penyebab cegukan di mana pencernaan yang tak lancar jadi kambing hitamnya.

Namun bagaimana cara menyembuhkannya dengan cepat? Terutama jika cegukan terjadi terus-menerus dan perut kita suda kembung oleh air.

Tanpa air minum dan tanpa harus mengonsumsi hal lain lagi, Anda bisa menyembuhkan cegukan, bahkan dalam waktu 15 detik saja. Cara ini adalah teknik untuk mengulang kembali siklus kerja diafragma. Tahapannya adalah sebagai berikut :

1. Hirup udara sebanyak mungkin, dan penuhi paru-paru Anda dengan udara.

2. Ketika Anda sudah menghirup udara sebanyak mungkin, cobalah lagi untuk menghirup lebih banyak udara. Dalam hati berfokuslah juga untuk tetap menghirup udara.

3. Jika sudah, tahan napas selama 10 detik penuh.

4. Lalu sebelum Anda menghembuskan napas, telan udara tersebut, dalam – dalam. (agus/dbs)

Click To Comments