Mendagri Tito Geram, Ajakan Pakai Masker Hanya Sekedar Spanduk

AJAKAN MASKER HARUS DISERTAI AKSI

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian geram sosialisasi ajakan pakai masker hanya sekedar spanduk. Ia menegaskan, untuk mencegah covid-19 itu harus disertai aksi. 

“Bukan hanya sekadar membuat spanduk ‘ayo pakai masker’, bagikan juga masker,” tegas Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam pernyataannya melalui akun YouTube ‘Kemendagri RI’, Kamis (3/8/2020).

Pemda, kata dia, bisa menggunakan APBD realokasi penanganan virus covid-19 (korona) untuk pengadaan masker. Bisa juga melibatkan pihak ketiga dalam rangka kerja sama pencegahan covid-19.

“Pihak-pihak ketiga dimobilisasi untuk kegotongroyongan,” ucap Tito.

Menurut Tito, realokasi anggaran APBD belum maksimal, terutama dalam menanggulangi covid-19. Pemda disebut terlalu bergantung pada dana Rp695 triliun dari pemerintah pusat.

“Jangan sampai hanya mengandalkan tangan pusat. Padahal, daerah sepertinya memiliki kemampuan tapi tidak tepat sasarannya,” tegas Tito.

Dia menyebut pemda bisa memaksimalkan dana daerah untuk mitigasi penyebaran covid-19. Misalnya, memperluas jangkauan tes covid-19.

“Dorong agar memiliki kemampuan testing, punya kemampuan polymerase chain reaction (PCR) di sana. Tes laboratorium baik yang permanen maupun yang mobile,” ujar dia. (Jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...