Skytrain Bandara Soetta Siap Angkut Penumpang 17 September 2017

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Direktur Operasional dan Teknik PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo menuturkan pihaknya akan siap mulai mengangkut penumpang kereta tanpa awak atau Skytrain Bandara (Soetta) Soekarno Hatta, Tangerang pada 17 September 2017 mendatang.

Automated people mover system (APMS) saat ini sudah beroperasi namun masih sebatas uji coba tanpa adannya mengangkut penumpang.

“Rencananya Skytrain Bandara Soetta kami akan uji coba 17 September mendatang untuk mengangkut penumpang dari Terminal 3 ke Terminal 2. Diharapkan pada saat itu, stasiun di Terminal 2 sudah bisa selesai, track dari Terminal 3 ke Terminal 2 juga sudah bisa selesai,” ujar Djoko, Jumat (25/8).

Adapun uji coba untuk saat ini, PT Angkasa Pura II mengoperasikan kereta tanpa awak ini di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan tadi.

Selama ini, uji coba kendaraan tersebut akan dievaluasi hingga nantinya Ditjen Perkeretaapian dapat mengeluarkan sertifikasi sebagai tanda moda transportasi itu aman dan dapat digunakan untuk umum.

Ada tiga trainset skytrain yang akan dioperasikan untuk memudahkan pengguna jasa bandara berpindah dari satu terminal ke terminal lain.

Salah satu trainset terdiri dari dua gerbong kereta yang dapat menampung penumpang dengan kapasitas 176 orang. kereta tanpa awak ini di Bandara Soekarno-Hatta menggunakan teknologi automated guided transit (AGT) yang merupakan kendaraan pengangkut tanpa pengemudi, terdiri dari beberapa unit dan dijadikan satu rangkaian.

AGT juga menggunakan roda pengarah tambahan pada sisi disebelah kiri dan kanan unit kendaraan yang menempel pada dinding beton jalur perlintasannya.

Headway Skytrain Bandara Soetta di tiap terminal ditargetkan maksimal lima menit. Sedangkan, waktu tempuh dari Terminal 1 menuju integrated building ke Terminal 2 dan Terminal 3 ditetapkan sekitar tujuh menit. (hisyam/dbs)

Disarankan
Click To Comments