Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Kontraktor Ngaku Karena Hujan Deras Pintu Air Situ Parigi Tangsel Jebol

SITU TAK MAMPU MENAMPUNG DEBIT AIR

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Bangunan pintu air Situ Parigi, Pondok Aren, Kota Tangsel jebol lantaran diduga tidak kuat menahan air.

Pintu air kurang lebih selebar tiga (3) meter itu diketahui dalam satu hari kejadian sempat tercatat dua kali mengalami jebol karena dihantam air.

Sementara pihak Kontraktor Pelaksana CV Bangun Cipta Rejeki mengklaim bahwa jebolnya pintu air bermula karena hujan deras pada Selasa (15/9) malam lalu.

“Ya itu, hujan deras sebelumnya, debit air yang kencang jadi jebol pak,” ungkap Jakaria, Admin proyek kepada penamerdeka.com, Rabu (16/9/2020).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sesuai keterangan di papan proyek saat ini kegiatan optimalisasi daya tampung dan perapihan tanggul Situ Parigi.

Dengan jenis pekerjaan revitalisasi Situ Parigi yang telah dimulai dari tanggal 18 Mei 2020 dibiayai APBN tahun 2020 dengan kontrak Rp. 5.565.352.584,-. Selama 210 hari kalender, dengan konsultan supervisi dari PT Patra Jasa Konsultan.

Jaka, merinci soal proyek yang dilakukan yakni perbaikan turap, perapihan lumpur (di fox atau di buang ke pinggiran) dan termasuk perbaikan pintu air.

“Memang pintu air belum kita perbaiki, tapi, memang itu pintu air yang lama yang jebol. Dan memang gak ada salah perencanaan sih. Tapi baru kita kerjain hujan terus.Nilai anggaran perbaikan pintu air kurang tahu sih, soalnya belum saya hitung,” tukasnya.

Jaka mengaku sudah melaporkan kejadian tanggul di Situ Parigi ini ke Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC).

Saat ini yang dikerjakan pihaknya sedang melakukan proses pengeringan dengan alat berat apung. Lalu mengangkat lumpur ke pinggiran setu agar airnya cepat habis. (msg)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...