Narapidana Lapas Kelas I Tangerang Gali Lubang Sepanjang 30 Meter untuk Kabur

SUDAH DIRENCANAKAN ENAM BULAN LALU

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Narapidana Lapas Kelas I Tangerang, Cai Changpan alias Cai Ji Fan menggali lubang sepanjang 30 meter untuk meloloskan diri. Bandar narkoba asal Tiongkok itu merancang aksinya selama enam sampai delapan bulan.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Sugeng Hariyanto mengatakan, dalam kurun waktu enam bulan, didalam lapas tersebut memang sedang ada pembuatan dapur.

“Didalam lapas itu dalam kurun waktu 6-8 bulan lalu juga ada kegiatan pembangunan dapur. Untuk itu, kami akan mendalami lagi apakah narapidana itu memperoleh alat dari para tukang bangunan,” katanya, Senin (21/9/2020).

Kita ukur kemaren berdasarkan perhitungan kami dengan Kalapas kurang lebih 30 meter, dan itu lumayan jauh dan hanya cukup untuk satu orang,” lanjutnya.

Sugeng menuturkan, Cai Ji Fan didalam sel bersama satu orang tahanan lainnya. Katanya, Cai Ji Fan sempat mengajak tahanan tersebut, namun tidak diindahkan.

“Dia didalam sel bersama satu orang, dan memang yang satu orang ini pernah diajak melarikan diri dan yang bersangkutan tidak mau,” ujar sugeng.

Sugeng menambahkan, didalam sel tempat narapidana yang kabur tersebut ada satu lubang pembuangan. Dari lubang situ Cai Ji Fan menggali turun kebawah dan membuat jalur mengarah ke luar lapas.

“Napi ini juga sebelumnya pernah kabur saat menjadi tahanan di Bareskrim dan ini langkah kabur napi yang dimaksud yang kedua,” ujar dia. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...