Fasilitasi Hak Pemilih, KPU Kota Tangerang Launching Aplikasi Sipil

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar soft launching Sistem Informasi Pemilih (Sipil) di Kantor KPU Kota Tangerang, Senin, (19/3). Tujuan aplikasi Sipil ini untuk perhelatan Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang 2018.

Sebelum diluncurkanya, Akademisi, Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda turut serta menyampaikan pendapat, saran dan masukannya.

Komisioner KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra menjelaskan, di dalam fitur aplikasi Sipil web ‘sipil.kpu-tangerangkota.go.id’ ini di memuat dalam tiga menu utama.

“Pada menu peta Kota Tangerang dilengkapi dengan titik kordinat 3.091 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Serta di menu terakhir ialah tata cara memilih dengan hanya satu pasangan calon,” jelasnya.

Sistem ini dilengkapi juga dengan menu perolehan suara pada Pilkada 27 Juni yang mendatang. Informasi ini akan disajikan secara lengkap mulai dari rekapitulasi tingkat TPS sampai KPU.

“Didalam sini masyarakat jadi dapat mengetahui jumlah perolehan suara saat Pilkada berlangsung nanti,” tungkasnya

Syailendra mengatakan, aplikasi sipil ini merupakan aplikasi yang dipunyai KPU Kota Tangerang. Sebelumnya, KPU Kota Tangerang sempat melaunching Sistem Verifikasi Keuangan (Siverik).

“Di Banten dari empat Kabupaten Kota, kami yang pertama berhasil menggagas, ini adalah sebagai bentuk transparansi kinerja KPU Kota Tangerang kepada masyarakat,” tuturnya.

“Kami akan terus mengembangkan sistem ini terlebih setelah Pilkada ada Pileg dan pilpres. Dengan adanya cara ini dapat dimanfaatkan dalam pesta demokrasi tersebut,” tambah Syailendra.

Sementara itu Ketua Panwas Kota Tangerang, Agus Muslim mengapresiasi soft launching pada sistem ini. Ia berharap setelah diluncurkan harus ada sosialisasi dan harus segera diinformasikan kepada masyarakat.

“Kami apresiasi adanya aplikasi Sipil ini, keterbukaan informasi sangat perlu disampaikan kepada masyarakat Kota Tangerang. Terlebih sekarang semakin mudah dengan penggunaan teknologi informasi di Media Sosial,” tambah Agus. (yuyu)

Disarankan
Click To Comments