UNJ Latih Siswa SMK-N 60 Jakarta, Beberkan Keunggulan Promosi Wisata Digital

SIAPKAN SDM BERDAYA SAING

JAKARTA,PenaMerdeka – Digagas Universitas Negeri Jakarta (UNJ), sebanyak 50 siswa SMK Negeri Jakarta diajarkan pola pemasaran wisata berbasis digital.

Pelatihan dalam rangka menginplementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan khususnya pada poin Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), digelar Kamis (12/10/2020).

Dan khusus yang mengikuti pelatihan bagi siswa SMK-Negeri 60 Jakarta Jurusan Usaha Perjalanan Wisata.

Disebutkan, Prodi Perjalanan Wisata UNJ untuk memberikan penjelasan praktis kepada siswa terkait teknik – teknik pemasaran digital dalam berbagai platform media.

Dan nantinya sekaligus bakal dipersiapkan SDM Pariwisata yang berdaya saing. Seban dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dibutuhkan SDM yang berdaya saing.

Revi Agustin Aisyianita, koordinator pelatihan dan dosen dari UNJ menyebutkan, keterampilan pola digital marketing wajib dimiliki oleh calon SDM Pariwisata.

Pasalnya kata Revi Agustin, mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju. Hal ini harus diimbangi dengan SDM yang mumpuni.

Pelatihan yang dilangsungkan satu hari secara virtual ini, menurutnya bahwa perkembangan media promosi dan pemasaran pariwisata, khususnya di Indonesia juga sedang berkembang.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi wisata di Indonesia juga telah bertransformasi dari penggunaan media konvensional menuju ke media digital,” ungkap Agustin.

Dia melanjutkan, penggunaan aplikasi mobile, Virtual Reality, Video 360, dan media sosial menjadi hal yang biasa dijumpai. Digunakan di setiap event promosi kepariwisataan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Mengingat pentingnya digital marketing dalam pariwisata, di bidang usaha perjalanan wisata tidak hanya dinilai dari kemampuan guiding, tour operating, dan tour planning saja.

“Peluang lapangan kerja di bidang pariwisata kini makin terbuka lebar, khususnya yang erat kaitannya dengan promosi digital, misalnya fotografer, videographer, content creator, content writer, desain grafis, dan lain – lain,” tukas Agustin. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...