Kapolda Metro Jaya Panen Raya di Jatiuwung Tangerang

DITENGAH COVID-19

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana melakukan panen raya di tengah pandemi Covid-19 di Kampung Ledug, Kelurahan Alam Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Kamis (19/11/2020).

Nana melakukan panen berbagai macam sayuran. Di bawah teriknya sinar matahari, Nana ditemani Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Sugeng Hariyanto panen puluhan kilogram jagung, sayur kangkung, dan berbagai buah-buahan di lahan tersebut.

“Covid-19 ini, di samping berdampak pada kesehatan masyarakat, juga ini tentunya sangat berdampak dan mengganggu banyak sektor kehidupan masyarakat khsususnya sektor pertanian. Hal itu menjadi fokus pemerintah karena memang terkait erat dengan ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Dari pantauan di lokasi, lahan seluas 10 hektare tersebut sudah rimbun ditanami berbagai tanaman untuk masyarakat sekitar.

Seperti kacang tanah, jagung, kangkung, cabai dan masih banyak lainnya yang diklaim Nana dapat dipanen sebanyak empat sampai 12 kali dalam setahun.

“Sudah mulai digarap oleh sekitar 40 orang petani dan 100 orang warga sekitar Kampung Ledug yang terdampak pandemi Covid-19, dan lahan ini dibagi menjadi tiga zona. Tiga zona yang dibagi beberapa kluster yaitu pertanian, kemudian perikanan, dan peternakan,” ungkap Nana.

Kemudian, untuk pertanian ada kambing dan ikan lele untuk sektor perikanan. Pasalnya, setiap waktu panen, setara dengan Rp 700 juta di lahan seluas 10 hektare.

“Jadi harapan saya tentunya program ini dapat ditumbuhkembangkan, kemudian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, dan tentunya ini pun bisa untuk sebagai lapangan kerja untuk petani mengantisipasi kelangkaan pangan,” tutupnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...