Jokowi Ucapkan Selamat ke Joe Biden dan Kamala Haris: Perkuat Hubungan

KEPENTINGAN BESAR

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas dilantiknya Joe Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat. Ucapan sama diberikan kepada Kamala Haris yang resmi menjadi Wakil Presiden ke-49.

Ucapan itu ia sampaikan melalui akun Twitter pribadinya, @jokowi. Presiden ke-7 Indonesia itu juga menuliskan beberapa pesan buat pemimpin baru Negeri Paman Sam.

Jokowi berharap Indonesia-Amerika Serikat bisa melanjutkan dan memperkuat kemitraan strategis. Menurutnya penguatan kerja sama tak melulu soal keuntungan masing-masing negara, namun demi kepentingan yang lebih besar.

Congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your inauguration as the 46th President and 49th Vice President of the United States,” ujar Jokowi.

“Let us continue to strengthen our strategic partnership, not only for the benefit of our two nations, but for a better world for all 🇮🇩🇺🇸,” lanjutnya.

Joe Biden resmi menjabat sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat. Biden didampingi Kamala Harris yang juga telah dilantik sebagai Wakil Presiden AS. Joe Biden disumpah di atas kitab suci bersejarah bagi keluarganya yang usianya mencapai 127 tahun.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia menjalankan Kantor Presiden Amerika Serikat dan akan dengan kemampuan terbaik saya, melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat,” kata Biden, Rabu, 20 Januari 2020 tepat pukul 12.00 waktu setempat.

Biden akan memimpin AS selama empat tahun ke depan. Sebelumnya, ia menegaskan bahwa prioritas pertamanya sebagai presiden AS adalah menangani pandemi covid-19.

Usai pelantikan, Biden menyampaikan pidato pertamanya di Gedung Capitol, Washington DC pada Rabu. Menurut Biden, pelantikan dirinya dan Kamala Harris merupakan wujud dari kemenangan demokrasi.

“Ini adalah hari Amerika. Ini adalah hari demokrasi,” tutur Biden usai mengucapkan terima kasih kepada para hadirin. (jirur)

Disarankan
Click To Comments