Simak, Tujuh Tips Nyaman Mengemudi Mobil saat Perjalanan Jauh

AGAR AMAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Mempersiapkan diri saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil tentunya sangat diperlukan agar perjalanan tetap nyaman dan aman. Persiapan diri yang dimaksud bisa meliputi mental dan fisik.

Pastinya, tubuh harus sehat dan bugar supaya perjalanan yang dilakukan jadi menyenangkan tanpa kendala apapun.

Jangan sampai saat menempuh perjalanan jauh kamu kurang persiapan, karena bukan tidak mungkin perjalanan yang seharusnya menyenangkan jadi berakhir buruk.

Maka dari itu, ada baiknya sebelum berkendara jauh dengan kendaraan roda empat, kamu simak terlebih dahulu tips nyaman mengemudi mobil jarak jauh di bawah ini.

Rencanakan Perjalanan Sebaik Mungkin

Hal pertama yang perlu kamu siapkan sebelum bepergian jauh bagi pengendara adalah mencari informasi terlebih dahulu tentang perjalanan yang ingin dilakukan.

Misalnya, informasi tentang rute jalan dan tempat beristirahat. Sehingga kamu bisa menentukan tempat mana saja yang harus berhenti untuk beristirahat sejenak serta meregangkan otot-otot tubuh.

Hindari Mengemudi Saat Malam Hari

Di waktu jam 12 malam sampai jam 6 pagi, secara biologis tubuh memerlukan istirahat. Secara otomatis, di jam-jam tersebut kamu bakal merasa lebih mengantuk daripada jam-jam lainnya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin usahakan untuk berhenti dahulu jika bepergian di jam-jam tersebut demi keamanan dan keselamatan kamu.

Perbanyak Minum Air Putih

Hal ini juga tak kalah pentingnya. Mengkonsumsi banyak air putih sangat dianjurkan saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Karena bisa mengurangi kamu dari dehidrasi serta memberikan cairan yang cukup pada tubuh. Tak hanya itu, minum air putih juga dapat  menjaga konsentrasi kamu saat mengemudi

Selalu Siapkan Makanan

Makanan pastinya wajib ada dong. Membawa cemilan sehat dari rumah bisa kamu coba untuk bekal di perjalanan. Dengan menyiapkan cemilan sendiri, kamu bisa menghindari keinginan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji yang ada di pinggir jalan.

Ini tentu akan menghemat waktu plus uang kamu. Kamu juga bisa membawa permen karet untuk menemani perjalanan jauh agar tidak membosankan dan bisa terhindar dari rasa kantuk sebab memiliki sirkulasi yang cukup.

Istirahat Setiap 2-3 Jam

Duduk menyetir dalam waktu yang lama bisa membuat badan terasa pegal. Oleh sebab itu, sempatkanlah waktu untuk berhenti dan istirahat setiap 2-3 jam perjalanan.

Ini bertujuan agar kondisi tubuh tidak gampang lelah dan tetap bugar. Kamu juga dapat melakukan peregangan tubuh dengan berjalan-jalan sejenak di sekitar tempat beristirahat.

Dengan begini, tubuh kamu pun akan lebih bugar dan tidak kaku saat harus melakukan perjalanan kembali

Gunakan Aksesoris Mobil

Memiliki kendaraan yang nyaman untuk digunakan bepergian adalah hal yang diinginkan banyak orang. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan kendaraan yang terasa nyaman, yaitu dengan menambahkan beberapa aksesoris mobil.

Seperti tempat sampah mini, karpet mobil, pewangi kendaraan, phone holder mobil, car organizer, hingga kaca film 3m yang mampu menghalau panas, melindungi kendaraan serta mempertahankan suhu dingin

Ajak Teman

Ada baiknya saat ingin menempuh perjalanan jauh dengan kendaraan, kamu mengajak seseorang agar bisa menemani kamu selama perjalanan.

Memiliki teman ngobrol selama perjalanan jauh akan membuat kamu tetap waspada dengan kondisi jalan. Kalau teman yang ikut bisa menyetir, kamu juga dapat bergantian mengemudi dengan teman untuk menjaga tubuh tetap fit.

Itu dia guys, tips nyaman mengemudi mobil saat perjalanan jauh yang sudah kita simak bersama. Semoga bermanfaat buat para pembaca semua. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments