SBY: Kritikan seperti Obat, Pahit tapi Bisa Cegah Penyakit

TANGGAPI JOKOWI MINTA DIKRITIK

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengibaratkan sebuah kritik seperti layaknya obat.

Pernyataan mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu disampaikan di tengah pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta masyarakat aktif menyampaikan kritik terhadap pemerintah tengah menjadi sorotan.

Menurut SBY, obat itu rasanya memang pahit. Namun, obat tersebut dianggap bisa mencegah atau bahkan menyembuhkan penyakit. Jika obatnya tepat & dosisnya juga tepat, akan membuat seseorang jadi sehat.

“Kritik itu laksana obat & yang dikritik bisa “sakit”. Namun, kalau kritiknya benar & bahasanya tidak kasar, bisa mencegah kesalahan,” tulis SBY di akun twitter resminya @SBYudhoyono, Sabtu (13/2/2021).

Tak hanya itu, mantan Menko Polhukam itu juga mengibaratkan sebuah pujian dan sanjungan layaknya seperti gula yang memang rasanya manis.

Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka hal itu juga bisa mendatangkan penyakit.

“Sementara, pujian & sanjungan itu laksana gula. Jika berlebihan dan hanya untuk menyenangkan, justru bisa menyebabkan kegagalan,” jelasnya. (jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE