HUT RI 76

Keren! Kecamatan Pinang Punya Gerai Oleh-oleh, Diisi Ratusan Produk UMKM

INOVASI KEMBANGKAN UMKM LOKAL

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Covid-19 berdampak ke segala sektor, salah satunya sektor ekonomi. Hal ini dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mengalami krisis ekonomi.

Menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Ditengah kondisi itu, Camat Pinang, Kaonang terus berinovasi mengembangkan UMKM demi keberlangsungan perekonomian masyarakat.

Hal ini mendapat tanggapan positif dari Okta, Ketua FKP (Forum Kewirausahaan Pemuda) Kota Tangerang. Menurutnya, sosok Camat Pinang saat ini sangat mendukung bangkitnya UMKM. Banyak sekali terobosan-terobosan yang dilakukan dari hal kecil sampai dengan terobosan terbesar.

“Dampak positif sangat dirasakan, seperti halnya fasilitas terkait promosi/pemasaran yg beliau lakukan yaitu datang langsung ke UMKM yang ada dan dibikinkan video dari proses ke proses sehingga beliau melakukan promosinya maksimal,” ujar Okta, Selasa 6 April 2021.

Ia memaparkan, banyak UMKM yang berdampak langsung naik omsetnya setelah dipromosikan. Camat Pinang, lanjut Okta, juga mendukung ide-ide yang diberikan anggota UMKM, misalnya diadakannya bazar online, pelatihan kemasan, photography, sampai ke event besar.

“Dari segi fasilitas beliau sangat memudahkan kami, dari pembuatan beberapa titik gerai. Target ada 10 titik. Dan baru terealisasi 4 titik. Dan tanggal 9 hari jumat nanti kami akan opening gerai oleh-oleh khas Kota Tangerang by UMKM Pinang Beres,” jelasnya.

Kedepan Okta berharap, agar terobosan-terobosan Camat Pinang bisa diseimbangkan dengan team ASN lainnya sehingga maksud dan tujuannya bisa maksimal sampai ke kami UMKM sehingga kolaborasi dan sinerginya bisa lebih maksimal untuk membangkitkan UMKM khsususnya Kecamatan Pinang.

img 20210407 170107
Camat Pinang, Kaonang saat meninjau produk UMKM yang berada di halaman kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Camat Pinang, Kaonang menuturkan, produk UMKM nantinya tak hanya akan ada di gerai kecamatan. Selanjutnya, Kecamatan Pinang akan membuka gerai-gerai di tingkat kelurahan.

“Kami juga akan buka di satu titik untuk jadi pusat UMKM Pinang, rencana tanggal 9 April. Sehingga, semua masyarakat atau wisatawan gak bingung cari oleh-oleh Pinang atau Kota Tangerang,” katanya.

Sebelumya, Kecamatan Pinang juga telah  melakukan pendataan UMKM. Pendataan yang dipimpin oleh Camat Pinang Kaonang, menjelaskan, hal ini bagian langkah untuk mengatur strategi menguatkan usaha mikro kecil atau usaha rumahan di wilayah Kecamatan Pinang.

“Kita terus melakukan upaya agar para usaha mikro kecil dan menengah tetap kuat di tengah deraan pandemi covid-19 ini,” ujar Camat seraya mendorong kaum milenial untuk menjadi wirausaha (enterpreneur).

Dengan menjadi wirausaha, tambah Camat Kaonang, maka secara otomatis telah menciptakan lapangan pekerjaan, minimal untuk diri sendiri. “Bila usahanya terus berkembang maju, otomatis membutuhkan tenaga kerja. Kewirausahaan ini yang terus kita bangun agar ekonomi bangsa menjadi tangguh,” tukas dia.

Diketahui, pihak Kecamatan Pinang semakin gencar mempromosikan produk-produk lokal Pinang. Melalui Gerai UMKM Pinang Beres, yang berlokasi di kantor Kecamatan Pinang. Hampir 100 produk UMKM mengisi Gerai UMKM Pinang Beres. Mulai dari handy craft, fashion, aksesoris, frozenfood hingga berbagai makanan dan minuman. (ADV)

Disarankan
Click To Comments