HUT RI 76

Mahasiswa Dorong Realisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Kota Tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Kelompok aliansi Mahasiswa Cipayung Plus telah sepakat untuk mendorong serius kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Kota Tangerang. Hal tersebut sesuai dengan amanat Permendagri No.17 Tahun 2012 tentang PWK.

Ketua DPC GMNI Kota Tangerang, Dede mengatakan, bahwa dinamisme pancasila sebagai sebuah ideologi murni telah diuji oleh perjalanan sejarah lewat proses dialektik yang panjang, dan pada realitanya penerapan pancasila dewasa ini semakin kabur.

“Kami (GMNI) sudah lakukan survey, faktanya pemahaman masyarakat tentang wawasan kebangsaan dan pancasila masih sangat minim,” ujarnya, Senin (7/6/2021).

“Maka kami menganggap perlu adanya sebuah pendidikan wawasan kebangsaan yang dilakukan secara rutin oleh seluruh elemen masyarakat dengan semangat korektif demi mewujudkan cita-cita proklamasi 17 agustus 1945,” lanjutnya.

Senada, Ketua HMI Cabang Tangerang Raya, Izat Jazuli menyebutkan, wawasan kebangsaan ini merupakan hal yang penting dengan terus menggali butiran pancasila untuk menumbuhkan nilai kebangsaan dan rasa nasionalis khususnya masyarakat Kota Tangerang.

“Maka dari itu kami yang tergabung dalam kelompok cipayung mendorong program PWK untuk masuk kedalam RAPBD perubahan Kota Tangerang agar program tersebut dapat terlealisasikan,” tegasnya.

Mahasiswa mendorongnya pendidikan Wawasan Kebangsaan tersebut didalam acara Sarasehan Pancasila besutan PDI Perjuangan Kota Tangerang. Diskusi yang dimoderatori Kepala Badiklat, Uis Adi Dermawan itu Kelompok aliansi Mahasiswa Cipayung Plus sepakan mendorong.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang, Gatot Wibowo menjelaskan, program wawasan kebangsaan sebetulnya sudah dianggarkan oleh salahsatu OPD Kota Tangerang.

Namun demikian, ketua partai bermoncong putih itu menambahkan, adanya pandemi covid-19 membuat dana yang sudah dianggarkan untuk kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan terkena rasionalisasi.

“Ya semoga ditahun depan bisa kembali dianggarkan karena kita sepakat pendidikan wawasan kebangsaan dan pancasila sangat penting untuk seluruh elemen masyarakat kota Tangerang,” tambahnya. (hisyam)

Click To Comments